Jumat, 26 Agustus 2011

TNI-AD Dapat Tambahan Enam Helikopter MI-17

ACEH MINUTES] JAKARTA-Betempat di Pusat Penerbangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD), Menteri Pertahanan melakukan serah terima 6 helikopter MI-17 V5 produksi Rusia dari pihak JSC Rosoboronexport, Jumat (26/8). 

Menteri Pertahanan menyerahkan enam helikopter tersebut kepada Markas Besar TNI yang diwakili Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono yang langsung menyerahkan kepada TNI-AD yang diwakili Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhie Wibowo. 

MI-17 akan memperkuat Skuadron 31/Serbu, Semarang, Jawa Tengah. Dengan tambahan ini, kita memiliki 12 MI-17 dari jumlah total direncanakan 18 unit. 

Menhan menyatakan bahwa helikopter MI-17 akan digunakan dalam operasi perang dan operasi militer selain perang untuk memenuhi minimum essential force (MEF). 

"Helikopter MI-17 V5 merupakan helikopter angkut militer dapat mengangkut 36 personel atau mampu mengangkut beban seberat 3 ton, sehingga dapat digunakan untuk kegiatan operasi militer, bantuan kemanusiaan, serta penanganan bencana alam," ungkap Menhan. 

Biaya yang dikeluarkan untuk helikopter ini adalah US$56 juta.
Sumber:Mediaindonesia.com