Jumat, 26 Agustus 2011

NATO Bantu Pemberontak Libya Buru Khadafi

ACEH MINUTES] TRIPOLI - Para pemberontak Libya terus memburu pemimpin Libya Muammar Khadafi dan putra-putranya. Upaya itu didukung oleh NATO yang terus meningkatkan serangan-serangan udara terhadap para loyalis Khadafi.

"Saya bisa konfirmasi bahwa NATO menyediakan aset pengintaian dan intelijen kepada NTC (National Transitional Council) untuk membantu mereka melacak Kolonel Khadafi dan sisa-sisa rezim lainnya," kata Menteri Pertahanan Inggris Liam Fox kepada Sky News seperti dilansir Reuters, Kamis (25/8/2011).

Menurut Fox, operasi NATO akan terus berlangsung hingga kantong-kantong perlawanan berisi para loyalis Khadafi berhasil dimusnahkan. Dan hal itu akan butuh waktu.

"Ada peningkatan aktivitas NATO semalam termasuk jet-jet Inggris dikarenakan ada daerah-daerah perlawanan rezim yang memiliki tingkat keahlian militer, masih memiliki simpanan senjata dan masih memiliki kemampuan untuk memimpin dan mengendalikan.

Namun Fox menolak berkomentar mengenai pemberitaan di surat kabar Inggris, Telegraph bahwa pasukan khusus Inggris tengah berada di dalam wilayah Libya untuk membantu pengejaran Khadafi.

Sebelumny pemerintah Amerika Serikat telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk membekukan aset-aset Libya secepat mungkin. Namun saat ini belum ada sidang pemungutan suara yang dilakukan DK PBB mengenai draf resolusi tersebut. sumber: detik.com