Jumat, 26 Agustus 2011

Pemberontak dan Pendukung Qadhafi Bentrok di Perbatasan

ACEH MINUTES] Tunis - Kelompok pemberontak bertempur dengan pasukan pendukung Muammar Qadhafi di kawasan perbatasan Libya dengan Tunisia, Ras Jdir, Jumat, 26 Agustus 2011. Hal tersebut diungkapkan saksi mata di kawasan itu.

Pejabat Tunisia mengatakan tentara mereka telah menutup kawasan perbatasan yang menjadi jalur masuk penting untuk bantuan kemanusiaan dan pasokan lainnya ke Libya.

"Pertempuran dimulai antara kelompok pemberontak dan pasukan pendukung Qadhafi untuk menguasai perbatasan." ujar penduduk lokal, Fathi Chandol.

"Tentara meminta kami untuk menjauhi kawasan tersebut," kata Chandol kepada Reuters. "Kawasan tersebut ditetapkan sebagai zona militer tertutup."

Sebelumnya, pasukan keamanan di Tunisia mengatakan perundingan antara pejabat Tunisia dan perwakilan Qadhafi terjadi untuk penyerahan kawasan Ras Jdir ke kelompok pemberontak untuk mencegah kekerasan.

Pejabat keamanan setempat mengatakan, "Pejabat keamanan dari pasukan militer mencoba meyakinkan pendukung Qadhafi untuk menyerahkan kawasan perbatasan. Akan tetapi, mereka tampaknya takut dan mereka meminta jaminan bisa masuk ke Tunisia."

Kelompok pemberontak Libya ingin menguasai kawasan perbatasan sehingga mereka bisa membawa pasokan makanan, air, dan barang-barang penting lainnya dari Tunisia.Sumber tempo interaktif.com