Jumat, 26 Agustus 2011

Pemain yang Kerubungi Wasit Diancam Kartu Merah

ACEH MINUTES] Monako - Para pemain sepakbola acap melakukan protes ke wasit dengan cara ramai-ramai mengerubungi si pengadil lapangan. Di Liga Champions musim ini, perilaku itu bisa diganjar kartu merah.

Hal tersebut dilontarkan oleh salah satu mantan wasit yang dikenal tegas, Pierluigi Collina. Saat ini Collina adalah pimpinan komisi wasit di UEFA.

Menurut Collina, ofisial pertandingan di Liga Champions dan Liga Europa musim ini telah diinstruksikan untuk bersikap lebih tegas kepada para pemain.

"Kami tidak ingin melihat wasit-wasit dikerubungi para pemain, di mana pemain lari melintasi jarak yang jauh hanya untuk mengerubungi wasit," ujar Collina di Daily Express.

"Ini bisa diganjar dengan kartu merah. Tentu saja salah satu hal yang harus kita tingkatkan adalah menyetop perilaku seperti ini. Itu tidak enak dilihat," cetusnya.

Selain itu, Collina juga menegaskan kalau pelanggaran-pelanggaran keras di atas lapangan juga takkan lagi ditoleransi dan pelakunya bakal dihukum berat.

"Kami tidak butuh dokter di lapangan. Kami tidak ingin menghadapi situasi adanya kaki-kaki yang patah. Lebih baik untuk meyakinkan para pemain untuk lebih dulu berhenti melakukannya."

"Lihat apa yang terjadi kepada Eduardo beberapa tahun lalu (saat masih membela Arsenal). Itu mengejutkan dan bukan sepakbola. Jika ada risiko serius yang bisa membahayakan keamanan lawan, ini harus segera dicegah sebelum ada cedera sebenarnya," papar Collina.Sumber Detik.com