Jumat, 26 Agustus 2011

PBB Akhirnya Kucurkan Rp 12,6 T untuk Libya

ACEH MINUTES] NEW YORK - Setelah kelompok pemberontak menguasai ibukota Tripoli, Dewan Keamanan PBB mengucurkan USD 1,5 miliar (sekitar Rp 12,6 T) untuk Libya Kamis waktu setempat. Uang dari sitaan aset negara itu akan digunakan untuk bantuan darurat, setelah AS dan Afrika Selatan mengakhiri sengketa soal duit tersebut.

Seperti dikutip AFP, Jumat (26/8/2011), aset tersebut dibekukan di bank AS. Namun demikian Afsel telah memblokir pelepasan sanksi Dewan Keamanan PBB, yang berarti pengakuan terhadap Dewan Transisi Nasional (NTC) bentukan pemberontak.

Setelah perselisihan yang berlarut-larut selama dua bulan, AS mengancam akan mencari suara penuh Dewan Keamanan PBB agar aset tersebut dapat digunakan.

Namun, perjanjian menit-menit terakhir yang dilakukan dengan Afsel memberi arti bahwa AS tidak melakukan tekanan. Sebuah permintaan baru pun segera dibuat dan disetujui oleh Komite Sanksi Libya.

"Uang itu akan dikucurkan dalam beberapa hari ini," kata diplomat AS.

Permintaan baru tidak menyebutkan Dewan Transisi, hanya saja bahwa uang itu akan diarahkan melalui "otoritas yang berwenang." sumber: detik.com