Jumat, 26 Agustus 2011

5 titik rawan laka lantas di Langsa

ACEH MINUTES] LANGSA – Polres Langsa menyebutkan ada lima titik lokasi rawan kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) di sepanjang Jalan Nasional, yaitu dimulai dari Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang hingga ke beberapa kecamatan dalam wilayah Aceh Timur yang masuk dalam wilayah hukum Polres Langsa. Sedangkan dua titik rawan macet berada di Kecamatan Langsa Kota. 

Kapolres Langsa, AKBP Yosi Muhamartha, Kabag Ops AKP Hadi Syaiful Rahman mengatakan siang ini, untuk kenyamanan berlalu lintas selama mudik lebaran Idul Fitri ini, masyarakat diimbau untuk tertib dan mematuhi segala rambu lalu lintas, serta membawa seluruh kelengkapan berkendaraan. Hal tersebut penting diperhatikan demi kenyamanan dan keselamatan mereka selama berada di jalan raya. 

Diinformasikan juga untuk pengguna jalan, ada tujuh titik rawan terjadinya laka lantas di jalan Nasional, masuk ke dalam wilayah hukum Polres Langsa. Titik rawan pertama berada di Jalan Medan-Banda Aceh Km 405–406, Desa Alue Rangan, Gelumpang Payung, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur, karena jalan menikung. 

Ke dua, Jalan Medan-Banda Aceh Km 413-414, Desa Bayeun, Dusun Kongseng, Desa Sarah Teube, Kecamatan Rantau Selamat, Aceh Timur, katagori jalan tikungan. Ke tiga adalah Jalan Medan-Banda Aceh Kkm 420-421, Desa Paya Peulawi, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, katagori jalan tikungan. 

Ke empat, Jalan Medan-Banda Aceh, Km 441-442, Desa Bukit Panjang Dua, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, katagori jalan turunan curam dan bergelombang, serta tikungan. Ke lima yaitu Jalan Medan-Banda Aceh Km 451-452, Desa Sapta Marga, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, dengan katagori jalan tikungan tajam.

Dijelaskannya, terdapat dua titik daerah rawan terjadinya kemacetan, yaitu titik pertama berada di kawasan pusat pasar, di Jalan Iskandar Sani, Kecamatan Langsa Kota, dengan katagori ramai pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Selanjutnya satu titik lainnya adalah, Jalan Simpang Masjid Raya Darul Falah, Jalan Protokol T Umar Langsa. 

Kemudian untuk memberikan pelayanan kenyamanan pemudik selama lebaran Idul Fitri tahun ini, Polres Langsa menempatkan tiga pos pengamanan di tiga titik masing-masing, di Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur. Selanjutnya di Kecamatan Langsa Kota, Lapangan Merdeka Langsa, dan pos yang terakhir berada di Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa. 

Sementara itu dalam rangka tugas khusus pengamanan Lebaran Idul Fitri ini, dikerahkan sebanyak 233 personil gabungan, diantaranya 135 personil Polri, 8 Personil POM, 20 personil Brimob, 20 personil Dishub Kominfo Langsa, 20 personil Satpol PP, 20 anggota Pramuka, 10 personil Pemadam Kebakaran Langsa. Petugas gabungan tersebut seluruhnya akan di bagi untuk ditugaskan di tiga pos pengamanan Lebaran Idul Fitri. sumber: waspadaonline.com