Rabu, 24 Agustus 2011

Nasri akan di City Hingga 2015

Lika-liku jalan panjang terkait masa depan Samir Nasri akhirnya menemui titik terang. Nasri dikabarkan telah meneken kontrak bersama Manchester City dengan durasi masa bakti empat tahun.

Sebelumnya, Arsenal telah setuju untuk melepas gelandang asal Prancis itu. Hal ini dibuktikan dengan dibiarkannya Samir Nasri melakukan serangkaian tes medis bersama The Citizens, meski skuad Arsenal terbang menuju kota Udine, untuk melakoni laga leg kedua babak playoff Liga Champion menghadapi sang tuan rumah Udinese di Stadio Friuli, Kamis (25/8) dini hari WIB.

Seperti yang dilansir Soccernet, Nasri sendiri dikabarkan telah sukses menjalani tes medis. Bahkan, dirinya telah menandatangani kontrak berdurasi empat tahun, yang akan memastikan berada di Etihad Stadium, markas City, hingga 2015 mendatang. Untuk Nasri, City diperkirakan merogoh kocek sampai 24 juta pound atau sekitar 337,5 miliar rupiah.

Dalam kesepakatan itu, Nasri akan mengenakan kaos bernomor punggung 19. Pemain internasional Prancis tersebut pun diharapkan sudah dapat melakukan debut pertamanya bersama City, saat klub yang dinahkodai Roberto Mancini itu berhadapan dengan Tottenham Hotspur di laga Liga Premier pekan ketiga, Minggu (28/8) mendatang.
sumber: Bolanews.com

Belanda Gusur Spanyol di Peringkat FIFA

Setelah menduduki puncak klasmen peringkat FIFA selama lebih dari satu tahun, Spanyol akhirnya ditendang Belanda. Sementara Indonesia mendapat hasil baik. Tim Garuda berhasil naik ke tangga ke-131.

Seperti yang dilansir dari laman resmi FIFA,peningkatan yang dialami Belanda turut dipengaruhi oleh laga persahabatan yang dilakukan Spanyol saat melawan Italia, Kamis (11/8) lalu. Kala itu Spanyol harus mengakui keperkasaan sang tuan rumah Italia, setelah kalah dengan skor tipis 2-1.

Perubahan posisi juga terjadi pada tim-tim asal Amerika Selatan. Brasil harus puas melorot dua tangga ke posisi ke-6, mengekor sang rival di tanah Amerika Selatan, Uruguay di peringkat ke-5. Sementara itu, Argentina mampu menanjak naik, meski hanya satu tingkat. Skuad yang dibela oleh Messi dkk. kini menempati posisi ke-10.

Beberapa tim yang berada di daftar 50 besar menunjukkan peningkatan yang cukup besar. Rusia salah satunya. Tim berjuluk Sbornaya ini meloncat cukup jauh. Mereka berhasil bercokol di peringkat ke-13, setelah sebelumnya harus puas di posisi ke-18. Hal serupa juga terjadi pada timnas Nigeria. Tim berjuluk Super Eagles ini menanjak lima tangga ke posisi ke-38. Peningkatan yang luar biasa terjadi pada tim Aljazair. Tim ini masuk ke daftar 50 besar, setelah mereka naik enam peringkat ke posisi ke-46.

Bagaimana dengan Indonesia? Tim Garuda sendiri mengalami peningkatan yang juga cukup meyakinkan, dengan naik lima peringkat ke tempat ke-131. Terpaut dua tangga dari Singapura dan Vietnam, yang sama-sama memiliki poin sama. Namun, Indonesia masih bisa berlega hati, pasalnya rival lainya di Asia Tenggara, Malaysia hanya mampu berada di tangga ke-146.

*****

Peringkat FIFA (24 Agustus 2011)

1. Belanda
2. Spanyol
3. Jerman
4. Inggris
5. Uruguay
6. Brasil
7. Italia
8. Portugal
9. Argentina
10. Kroasia
-------------
131. Indonesia
sumber: Bolanews.com

Hamsik: Barca Terbaik di Dunia

Marek Hamsik (kiri). (Getty Images)
Usai merasakan dominasi Barcelona saat Napoli dicukur 0-5, Playmaker Napoli, Marek Hamsik, menegaskan bahwa Barcelona memang tim terbaik di dunia saat ini.

Hamsik merasakan betul bagaimana kekuatan penuh dari pasukan Pep Guardiola itu saat timnya berpartisipasi dalam Joan Gamper Trophy di Camp Nou, Senin (22/8). Setelah merasakan langsung bermain dengan bintang-bintang di Spanyol, Hamsik merasa mereka saat ini adalah tim berstandar dunia.

"Saya rasa Barcelona adalah tim terbaik di dunia," ujar Hamsik seperti dilansirGoal.com. "Sebuah kehormatan bagi kami bermain di Camp Nou. Barcelona memperlihatkan bagaimana memainkan sepak bola dengan baik," lanjut Hamsik.

Namun, meski kalah telak dari Lionel Messi dkk. Hamsik berniat mengalihkan fokusnya pada persiapan mereka memasuki musim baru Seri A di mana Napoli akan menghadapi Genoa, Minggu (28/8). "Kami harus melupakan kekalahan ini karena kami akan memainkan pertandingan pertama liga pekan ini," tegas Hamsik.
sumber: Bolanews.com

Melo: Mourinho Pelatih Terbaik

Gelandang Galatasaray, Felipe Melo menunjukkan rasa kagumnya pada Jose Mourinho. Menurutnya, nahkoda Real Madrid itu merupakan pelatih terbaik di dunia.

Hal ini tentunya bukan tanpa sebab. Pasalnya, sejauh ini Mou telah menunjukkan kesuksesannya menukangi tim-tim seperti Porto, Chelsea, Inter Milan dan juga Real Madrid. Untuk keempat klub itu sendiri pelatih berkebangsaan Portugal itu telah mempersembahkan 18 trofi.

"Mourinho adalah pelatih terbaik di luar sana. Saya akan mengatakannya seperti itu," kata Melo seperti yang dikutip dariGoal.com. "Saya sangat bermimpi bisa bekerja bersamanya di masa depan, tapi untuk saat ini saya sangat senang di Galatasaray dan saya ingin fokus di klub."

"Saya berharap dapat memenangi gelar di sini (Turki) bersama Galatasaray dan kemudian dapat menang di Madrid bersama Mourinho," sambung gelandang yang berstatus pinjaman dari Juventus ini.

Pelatih berjuluk 'The Special One' itu belakangan telah menuai banyak kritik pedas terkait ulahnya di laga leg kedua Supercopa Spanyol, saat timnya jumpa Barceloan, beberapa waktu lalu. Kala itu, dirinya mencolok mata dari asisten Josep Guardiola, Tito Vilanova.

Tapi, Melo justru membela eks nahkoda Chelsea itu. Karena menurutnya, kejadian itu merupakan suatu hal yang biasa dalam sepak bola. "Saya sama seperti Mourinho. Saya seorang pria yang memiliki kepribadian yang sangat kuat. Saya tidak ingin kalah. Hal itu tentunya sangat normal dalam sepak bola. Jika Anda tidak tidak seperti itu di sepak bola, lebih baik Anda bermain tenis," terang gelandang berusia 28 tahun itu.

Bersama Galatasaray, Melo sendiri akan berhadapan dengan skuad yang dinahkodai Mourinho, di panggung Trofeo Santiago Bernabeu, yang akan berlangsung di Santiago Bernabeu, Kamis (24/8) dini hari WIB.
sumber: Bolanews.com

Timnas U-16 Ingin Buat Kejutan

ACEH MINUTES] Samarinda - Timnas U-16 ingin membuat kejutan dengan merebut satu tiket lolos dari putaran penyisihan grup G Piala AFC di Thailand, 12-22 September mendatang. Peluang timnas cukup terbuka karena peta kekuatan untuk junior masih belum terbaca, meskipun dalam jajaran pesaing grup G ada tim Thailand, Guam, Australia, Hong Kong, dan Myanmar.

"Kalau untuk tim senior mungkin bisa diprediksikan kekuatannya, namun untuk tim junior seperti U-16 sulit terbaca karena pemainnya baru muncul dan sulit untuk dianalisa," kata manajer timnas U-16 Erwin Dwi Budiawan di Samarinda, Rabu (24/8).

Dengan gambaran itu, Erwin berharap timnas tidak bermain canggung dan bisa membuat kejutan dengan merebut jatah satu tiket dari dua yang diperebutkan di grup G.

"Harus diakui sebagai tuan rumah tentu Thailand telah menyiapkan timnya seoptimal mungkin, begitu juga dengan Australia yang punya kualitas bagus di tim senior yang pasti juga bakal menjadi pesaing berat bagi timnas," jelas Erwin.

Satu-satunya pesaing yang mungkin tidak diunggulkan dari persaingan grup G adalah tim Guam. "Tapi mereka tetap harus kita waspadai, karena kita juga buta akan kekuatan mereka," imbuh Erwin.

Secara teknis, Erwin mengatakan persiapan timnas sudah melewati sejumlah pertandingan uji coba menjelang keberangkatan ke Thailand melawan tim lokal.

"Setidaknya ada lima pertandingan ujicoba yang telah kami jadwalkan sebelum keberangkatan Thailand. ," papar Erwin.

Pada turnamen AFC Cup yang akan berlangsung di Thailand pada 12-22 September 2011 mendatang, Timnas Indonesia berada di Grup G bersama Australia, Hong Kong, Myanmar, Guam dan tuan rumah Thailand.Sumber metrotvnews.com


Pujobroto: Tidak Benar Ada Perabaan Implan Bagi Kru Garuda di Korea

ACEH MINUTES] JAKARTA - Manajemen pusat Garuda Indonesia di Jakarta membantah prosesi perekrutan pramugari di Korea diwarnai perabaan payudara oleh dokter pria untuk mengecek ada tidaknya implan. Pemeriksaan kesehatan oleh dokter juga didampingi staf wanita Korea, sehingga terhindar dari pelecehan.

"Saya bilang hal tersebut sama sekali tidak benar," tegas Vice President Communication Garuda, Pujobroto, kepada detikcom, Rabu (24/8/2011). Pujo menyatakan hal itu saat dikonfirmasi tentang keterangan jubir Garuda di Korea yang oleh media Korea tidak disebutkan namanya, bahwa perabaan payudara itu diperlukan untuk memeriksa ada tidaknya implan. Implan akan mengganggu kesehatan pramugari bila tekanan udara di kabin merosot tajam.

Pujo juga menangkis adanya dokter yang melakukan tes kesehatan dengan "teknik" perabaan itu. Yang dilakukan dokter adalah melakukan pemeriksaan sesuai standar penerbangan dan standar profesi.

"Itu tidak betul. Kalau ada dokter yang seperti itu sama sekali tidak benar. Bahwa dokter yang memeriksa itu melakukan tugasnya sesuai standar penerbangan dan profesi, mereka periksa dengan sumpah dokter. Saat pemeriksaan didampingi oleh petugas/staf lokal warga negara Korea wanita," ungkap Pujo.

Pujobroto mengatakan, tes bagi calon pramugari itu dilakukan pada 27 Juli 2011 lalu. Saat itu ada 27 calon pramugari dan mereka ada diperiksa dalam dua tahapan.

Pemeriksaan fisik dilakukan karena pramugari memiliki dua tugas yakni pelayanan dan keamanan penerbangan. Pramugari juga harus terjamin kesehatannya agar tidak mengganggu awak kabin.

Dalam pemeriksaan itu, menurut Pujobroto, dari 27 calon ada 5 calon yang tidak lulus.

Saat ditanya nama dokter yang memeriksa calon pramugari itu, Pujobroto akan mengeceknya lebih lanjut. "Saya harus cek," kata dia.

Pujobroto menambahkan, selama ini Garuda tidak pernah menyewa jasa pihak ketiga untuk merekrut pramugari di luar negeri. Garuda selalu langsung menerbangkan tim kesehatannya sendiri.

Sebelumnya, The Korea Herald mengutip kantor berita Korea, Yonhap, melansir keluhan peserta tes calon pramugari yang merasa dipermalukan. Seorang peserta tes menyebut dia disuruh tiduran dan payudaranya diperiksa oleh dokter lelaki Indonesia. Laporan serupa juga dilansir oleh kantor berita Prancis, AFP.
sumber: detik.com

Syafii Maarif: Negeri Ini Belum Serius Lawan Korupsi

ACEH MINUTES] JAKARTA - Anggota Komite Etik, Syafii Maarif, melihat Indonesia ini belum serius dalam perang melawan korupsi. Kesimpulan itu ia dapatkan selama mengikuti rapat komite etik.

"Kesan saya, walaupun kita punya UU No 30 2002, saya punya kesan, negara ini yang diwakili oleh pemerintah, belum serius lawan korupsi," kata pria yang biasa disapa Buya ini dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (24/8/2011).

Buya menjelaskan, selama ia mengikuti rapat dan pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran internal KPK, banyak hal yang menyangkut negara ini yang dia temui kacau. Kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum juga menurun drastis.

"Lalu ada harapan kepada KPK, tapi setelah Nazar nyanyi, turun juga surveinya," jelasnya.

Buya berharap, setiap pihak mau menjaga KPK ini. Ia juga berharap, pimpinan KPK mendatang jauh lebih berani dari pimpinan sekarang.

"Karena apa yang dicapai sekarang, sebenarnya masih kecil," tegasnya.
sumber: detik.com

Anggap Tes Tanpa Busana di Korea Memalukan, Garuda Gelar Investigasi

ilustrasi
ACEH MINUTES] JAKARTA - Garuda Indonesia di Seoul menanggapi serius laporan bahwa pelamar kru kabin wanita menjalani tes tanpa busana dan perabaan payudara untuk mengecek ada tidaknya implan. Mereka menganggap kasus itu memalukan dan segera menginvestigasinya.

Juru bicara Garuda Indonesia di Seoul, Park Sung-Hyun, menyatakan, tes terhadap para pelamar yang dilakukan akhir bulan lalu itu seharusnya mengikuti prosedur rutin. Pemeriksaan dengan cara meraba payudara para calon kru wanita tidak termasuk prosedur rutin.

"Kami menyelidiki masalah ini dengan menanyakan masalah ini pada manager dan dokter yang bertugas saat proses pemeriksaan. Ini sangat memalukan," kata Park seperti dilansir AFP, Rabu (24/8/2011).

Kepada AFP, salah seorang pelamar menuturkan pengalamannya saat diwawancarai oleh tim Garuda di Korea Selatan. Wanita yang merahasiakan namanya karena masih menunggu hasil tes tersebut mengaku harus memelorotkan celana dalam dan pakaian atas.

Petugas Garuda Indonesia saat itu meminta para pelamar untuk setengah telanjang guna mengetahui adanya tato atau tidak dalam tubuh. Selain itu, ada dokter pria yang meraba payudara sang calon kru pesawat untuk memeriksa kemungkinan adanya implan.

Ada puluhan calon yang mengikuti sesi tes wawancara dan kesehatan ini. Dari jumlah tersebut, akan dipilih 18 calon untuk mengisi posisi kru pesawat Garuda Indonesia dengan rute ke Korea Selatan.

Aksi ini dikecam oleh para aktivis wanita Korea Selatan. Proses itu dianggap sebuah hal yang tidak perlu dan mengganggu.

Kim da-Mi, salah seorang aktivis dari Sexual Violence Relief Centre, meminta agar kantor urusan HAM pemerintah untuk mengambil langkah-langkah nyata.

Juru bicara maskapai penerbangan Korea Air mengatakan, tes semacam ini sangat aneh. Dia bahkan tidak pernah mendengar ada maskapai yang berbuat demikian.

"Kami tidak pernah mendengar ada pemeriksaan semacam ini," katanya. "Saya jadi bertanya apakah itu artinya penumpang dengan implan payudara juga tidak diperbolehkan terbang," ucapnya.

Sebelumnya, seorang jubir Garuda di Korea yang tidak disebut namanya menyebutkan, implan payudara bisa membahayakan kru tersebut saat terbang.

Sedangkan Direktur Operasional Garuda Indonesia, Ari Sapari, kepada detikcom menegaskan tidak ada materi tes seperti meraba payudara. "Itu tidak benar," tandasnya.
sumber: detik.com

Rusia Desak Oposisi Libya Dialog dengan Khadafi

ACEH MINUTES] SOSNOVY BOR - Presiden Rusia Dmitry Medvedev mendesak Pemimpin Libya Moammar Khadafi dan oposisi Libya agar menghentikan pertempuran dan berdialog. Medvedev juga menyatakan Khadafi saat ini masih memiliki kekuatan.

"Kami ingin warga Libya mengadakan perjanjian satu sama lain, kami ingin peperangan itu berakhir secepatnya dan kedua pihak dapat duduk dan berbincang untuk masa depan Libya. Khadafi dan pendukungnya juga masih memiliki pengaruh dan kekuatan militer di Libya" ujar Medvedev seperti dikutipReuters, Rabu (24/8/2011).

Medvedev menegaskan, Rusia tengah mengamati perkembangan di Libya dan mendeskripsikan, saat ini Libya harus berhati-hati. Rusia juga akan membangun hubungan dengan oposisi Libya bila para oposisi mendapat dukungan rakyat.

"Bila oposisi Libya memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mempersatukan Libya, kami akan mempertimbangkan untuk membangun hubungan dengan mereka," tegasnya.

Lebih dari 30 negara di dunia ini termasuk Amerika Serikat dan Uni Eropa sudah mengakui keberadaan oposisi Libya sebagai representasi yang sah bagi masyarakat Libya.

Rusia tidak menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB pada Maret lalu terhadap kebijakan penggunaan militer dalam kasus Libya, namun Rusia menuding NATO melakukan serangan udara yang melampaui batas.

Oposisi Libya saat ini tampak menekan Khadafi, mereka sudah menguasai komplek perumahan milik Khadafi dan Khadafi pun hingga saat ini belum diketemukan.
sumber: Okezone

Praktisi Penerbangan Korea: Cek Implan Bisa Pakai X-Ray

ACEH MINUTES] JAKARTA - Garuda Indonesia di Seoul menginvestigasi tes fisik dan kesehatan hampir bugil dengan perabaan payudara bagi pelamar kru kabin, karena memalukan. Sejumlah pihak yang bekerja di maskapai penerbangan juga mengklaim, tes seperti itu tidak umum dilakukan.

The Korea Herald edisi Rabu (24/8/2011) melansir, orang-orang yang berkecimpung di dunia maskapai mengakui tes kesehatan memang merupakan salah satu hal wajib. Namun tidak pernah dengan cara hampir bugil seperti itu.

"Saya tidak bisa percaya sebuah perusahaan maskapai internasional melakukan itu. Tentu saja ada tes kesehatan tapi tidak perlu sampai hampir telanjang dan diraba-raba payudaranya," kata seorang pekerja maskapai domestik Korea yang tidak disebutkan namanya.

Dia juga tidak habis pikir dengan alasan pihak maskapai yang menyebutkan tes tersebut untuk melihat adanya implan di payudara atau tidak. Menurutnya, untuk mengetahui hal itu bisa dengan sinar X.

"Untuk cek kulit biasanya menggunakan sinar X dan itu pun masih dengan berpakaian," katanya.

Sedangkan seorang kru kabin maspakai asing menyebut pemeriksaan itu "menghina dan tidak manusiawi".

Juru Bicara Garuda Indonesia di Korea yang tidak disebut namanya mengklaim, prosedur tes kesehatan seperti itu adalah sesuatu yang biasa dilakukan oleh maskapai-maskapai lainnya.

"Para kandidat telah setuju dengan proses tersebut. Meraba payudara dilakukan untuk melihat apakah para calon tersebut memiliki implan. Kami memiliki aturan untuk memeriksa orang-orang (yang memasang implan) itu karena tekanan udara yang turun tajam di dalam pesawat kadang-kadang dapat mengganggu kesehatan mereka. Kami juga harus mengecek keseluruhan kulit untuk mengetahui ada tidaknya tato," kata perempuan itu.

Jubir tersebut juga menyebutkan, proses tes kesehatan semacam itu juga dilakukan oleh cabang-cabang Garuda lain termasuk di Jepang dan Australia, dan juga semua maskapai lainnya.

Sejumlah gadis yang melamar untuk menjadi awak kabin di Korea merasa tidak nyaman dengan prosedur tes yang diterapkan. Saat mengikuti tes tersebut, para gadis itu diminta melepaskan pakaiannya kecuali celana dalam.

Calon-calon pramugari itu diminta tidur di sebuah tempat tidur dan kemudian seorang dokter laki-laki Indonesia meraba-raba payudara dan sejumlah bagian yang lain. Prosedur ini pun dikomplain dan dikecam. Juru bicara Garuda Indonesia di Seoul, Park Sung-Hyun, kepada AFP menyebut tes semacam itu memalukan dan menggelar penyelidikan.
sumber: detik.com

Sri Bintang: Balas Surat Nazar, SBY Kampungan

ACEH MINUTES] JAKARTA- Aktivis politik Sri Bintang Pamungkas menilai bahwa apa yang disuratkan Nazaruddin kepada SBY adalah bukti terancamnya istri Nazaruddin.

"Saya rasa itu karena dia merasa istrinya terancam. KPK kan telah bertemu dengan mereka. Anaknya, istrinya, dan dia. Tapi dia (istrinya Nazaruddin) tak diapa-apain. Artinya memang KPK hanya menangkap Nazar," katanya di Galeri CafĂ© Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Rabu (24/8/2011). 

Menurut Sri Bintang, ada penyebab besar hingga membuat Nazaruddin membuat surat itu. "Kalau saya lihat ini ada taktik, strategi, apakah itu dari KPK, Polisi, Jaksa atau ada sesuatu yang lebih tinggi lagi yang membuat ini. Nazar membuat (surat) itu karena Nazar pikir istrinya disandera dan makanya dia menyerahkan diri asal istrinya tak terancam. Kalau dari surat itu, berarti memang benar istrinya disandera," katanya.

Pada 18 Agustus 2011, Nazaruddin memberikan surat kepada SBY yang meminta agar dirinya ditahan tapi dengan jaminan anak-istrinya dalam keadaan aman. Presiden SBY pun menjawab pada 21 Agustus 2011 dan menjamin keselamatan SBY.

Terkait balas-membalas surat itu Sri Bintang menilai SBY kampungan. Menurutnya, surat Nazaruddin ini tak seharusnya dijawab. "Kampungan surat SBY ke Nazar itu. Sok bangun citra, seakan-akan semua surat itu harus dijawab. Jadinya kan malah surat itu merendahkan dirinya sendiri," katanya.

"Kampungan ini maksudnya sebenarnya surat nazar itu enggak perlu dijawab," lanjutnya. Sumber okezone.com

Garuda Bantah Ada Tes Wawancara Kru Tanpa Busana di Korea

ACEH MINUTES] Jakarta - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyangkal isu tak sedap yang muncul dari Korea Selatan. Isu itu adalah saat melakukan tes wawancara untuk calon kru pesawat, para pelamar wanita diminta menanggalkan busananya dan diperiksa dokter pria.

Direktur Operasional Garuda Ari Sapari membantah kabar ini. Dia mempertanyakan alasan media lokal Korea Selatan memberitakan hal ini.

"Berita dari mana itu? Tidak benar ada proses itu! Tidak benar berita itu," kata Ari saat dikonfirmasidetikcom, Rabu (24/8/2011) melalui pesan pendek.

Adalah The Korea Herald yang pertama kali memberitakan informasi ini. Isi berita kemudian diberitakan ulang oleh media Singapura, The Straits Times, Rabu (24/8/2011). 

Menurut laporan media tersebut, para pelamar diminta tampil tanpa busana saat wawancara dengan Garuda Indonesia di Korea Selatan. Dari sekian banyak pelamar, akan diambil 18 kru asal Korea Selatan yang akan dipilih untuk jalur penerbangan baru mereka. 

Para wanita muda tersebut diminta agar melepaskan pakaian kecuali celana dalam untuk sesi yang disebut 'tes kesehatan'. Dalam tes tersebut, seorang dokter pria meraba payudara para gadis muda tersebut untuk memastikan apakah ada yang menggunakan implan di dalamnya. Bagi Garuda Indonesia, penggunaan implan berbahaya bagi penerbangan.

Saat dikonfirmasi oleh media tersebut, Garuda Indonesia mengakui proses pemeriksaan itu sudah menjadi standar perekrutan kru. Hal yang sama juga dilakukan saat melakukan tes di Jepang dan Australia.Sumber detik.com

Indonesian airline in hot water over bizarre recruitment process

Flight attendant applicants take physical checkups half-naked, reports say

Is it a simple cultural difference or a sexual insult? Garuda Indonesia has come under fire for its flight attendant recruitment method of requesting palpation and semi-naked physical checkup. While the Indonesian flagship carrier insist the system is based on cultural and religious beliefs and conducted with the consensus of applicants, Korean flight attendants do not buy them, calling them sexist and insulting.

According to Yonhap news agency on Wednesday, a health check up for Garuda’s recruitment of female cabin crew candidates was conducted last month. There, the applicants were asked to remove all their garments, except for their underwear, and lie on a bed. Then an Indonesian male doctor began to palpate their breasts and elsewhere.

After the test, many applicants complained the procedure was embarrassing and that they have felt extremely uncomfortable about being naked and touched.

Garuda’s spokesperson did not answer The Korea Herald’s phone call, but earlier told a local newspaper that the examination was an ordinary process for all branches of the airline. 

“The candidates have given their consensus to proceed with the process,” the spokeswoman was quoted as saying. “In case of the breast palpation, we conduct it to screen out those who have breast implants. We have a regulation to screen those persons because a sharp drop of air pressure inside the carrier could sometimes cause them health damage. Also, we conduct full examination of skin on the basis of the religious guideline prohibiting tattoos,” she added. 

The company has also reportedly said that the same examination process is conducted in other branches including Japan and Australia, and argued that all other airline companies have similar examination processes. 

However, many industry insiders said such all-over-the-body palpation is not common. 

“I cannot believe that an international carrier has actually conducted a test in such way,” a domestic airline company insider confided. “Of course there is a medical test. But it never involves getting semi-naked and touched on the breasts. The checkup closer to revealing the skin is taking an X-ray with their gowns on,” he added. 

A flight attendant of a foreign airline said the examination was “insulting and inhumane.” 

Women’s rights groups were furious. “It is unconvincing in any situation. I cannot help but question whether it is a sexual assault,” LeeKoo Kyung-sook of Korean Women’s Association United told Yonhap. 

“The ban on breast implantation sounds almost absurd. Does that mean people who have received plastic surgeries shouldn’t be on board? Taking into account all the cultural differences, there needs to be a clear explanation,” she added. Source 
The Korea Herald

Teks kuno Aceh hilang

ACEH MINUTES] BANDA ACEH - Kearifan lokal Aceh terkait persoalan kebencanaan, lingkungan, sosial, dan budaya, sebagian besar telah hilang bersama terkuburnya teks-teks kuno dan terpupusnya tradisi literasi di Tanah Serambi Mekkah sejak awal abad ke-20.

Tuntunan perihal kearifan lokal itu tercatat di manuskrip-manuskrip kuno Aceh yang kini sebagian besar kurang dilestarikan dan kurang diperhatikan keberadaannya.

Pada masa lalu, ulama dan kaum intelektual Aceh selalu membukukan kearifan-kearifan lokal ini. Di beberapa teks kuno yang masih tersisa, itu semuanya tercantum.

"Sayangnya, naskah-naskah kuno itu tak lagi dilestarikan dan dipedulikan sehingga generasi masa kini seperti kehilangan pegangan mengenai apa saja sebenarnya kearifan lokal Aceh itu," ujar pegiat dan pengkaji literatur kuno Banda Aceh, Tarmizi A Hamid hari ini.

Kearifan lokal yang sebenarnya sudah berkembang pada masa sebelum abad ke-20 adalah mengenai kesiagaan bencana, khususnya menghadapi gempa dan tsunami. Menurut Tarmizi, dalam kitab tasawuf yang ditulis se orang ulama abad ke-18, tuntunan agar melihat gejala alam dengan baik saat usai terjadi gempa sudah ditulis dengan sangat jelas.

Saya sudah menemukan kitab itu. Sekarang sedang kami salin. Uniknya tuntunan kearifan lokal itu ada di teks tasawuf. Sepertinya penulisnya menyisipkan pesan kearifan menghadapi bencana itu dalam teks tasawuf guna menghemat kertas yang kali itu sangat mahal, kata Tarmizi.

Dalam teks itu dipaparkan, bahwa setelah terjadi gempa besar, biasanya akan diikuti dengan banyak burung-burung dan hewan-hewan dari laut yang bergerak ke darat. Tak ada tiupan angin dan suasana senyap. Itulah tanda-tanda tsunami akan terjadi. Sayangnya, pengetahuan tradisi seperti ini sudah tak diketahui generasi masa kini sehinggi gempa dan tsunami Aceh membawa korban jiwa yang besar.

Gempa dan tsunami bukan hanya pernah terjadi di tahun 2004. Pada abad ke-17 dan 18 diduga itu juga pernah terjadi. "Dari watermark tahun pada kertas penulisan teks itu terpampang periodisasi tuturan bencana itu yang artinya hal serupa pernah terjadi di masa lalu. Sayangnya, teks-teks seperti ini seperti dibiarkan dan tak dijelaskan," kata dia.

Jenis kearifan lokal lain yang juga termaktub dalam kitab Tajjul Muluk, yang bertutur mengenai tuntunan sejarah, perbintangan, pengobatan, larang menebang hutan, d an bahkan hukum.

Larangan menebang hutan, misalnya, disana dijelaskan, orang Aceh tak boleh menebang sebelum sebuah pohon sudah mengugurkan dahannya, yang artinya pohon tersebut sudah berusia tua. Kearifan seperti ini tak lagi dipahami generasi muda sehingga kini hutan Aceh sudah rusak.

Tradisi literasi nilai-nilai lokal ini tak berlanjut pada penyalinan ulang teks. Setelah masa Kerajaan Aceh runtuh, tradisi tersebut hancur. Bahkan, teks-teks hikayat kuno banyak yang hilang dan dilupakan. Aceh tak lagi memiliki sumber-sumber sejarah dan tradisi yang kuat.

Pada masa kemerdekaan, upaya penyalinan ulang ini, seiring mudahnya mendapatkan kertas sempat akan tumbuh. Namun, konflik berkepanjangan mulai tahun 1950-an, hingga berlanjut pada masa Gerakan Aceh Merdeka selama 30 tahun membuat upaya penyalinan ulang terabaikan.

Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar mengungkapkan, ada ribuan manuskrip kuno yang saat ini sudah menghilang. Sekitar 5.000 di antaranya dibawa ke luar negeri, terutama oleh Malaysia.

"Ini yang kami prihatinkan. Karena itu, kedepan kami berencana mengumpulkan kembali manuskrip-manuskrip kuno yang masih ada," tandas dia.
sumber: waspadaonline

BPK temukan penyelewengan kas Pidie

ACEH MINUTES] MEUREUDU - Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) menemukan, bahwa petugas Bendahara Umum Daerah (BUD) Pidie Jaya, tidak menyetor saldo kas selama dua tahun berturut-turut 2009-2010 ke Kas daerah (Kasda) sebesar Rp 605.647.000.

Hal itu terungkap berdasarkan laporan keuangan Pemkab Pidie Jaya yang disampaikan oleh Sekretaris Panitia Kerja (Panja) DPRK setempat, Muhammad Bentara di depan anggota DPRK.

Dalam laporan tersebut, sangat jelas tertera dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK-RI pada halaman 32, buku satu yaitu, mengenai saldo kas tunai Pidie Jaya yang masih dikuasai oleh pembantu BUD selaku kuasa BUD per 31 Desember 2010 senilai Rp605.647.000.

Katanya, lambannya penyetoran tersebut, terungkap karena lemahnya pencatatan dan laporan. Sebenarnya, pada pembayaran pertama tersebut sudah termasuk pajak. Akibat terlalu lama dilakukan pembayaran, maka pihak bank terpaksa mengembalikan kembali uang tersebut kepada kuasa BUD.

Menurut Bentara, sejatinya kuasa BUD langsung mengembalikan uang senilai Rp605.647.000 itu ke Kasda bukan justru dikembalikan dan apalagi posisi uang dimaksud diketahui persis BPK-RI. “Anehnya setelah diketahui, baru dikembalikan ke Kasda setelah tim auditor BPK-RI pulang dari tugas dari Pidie Jaya,” jelasnya hari ini.

Tak hanya itu saja, pihak dewan juga menemukan beberapa oknum PNS yang memiliki wewenang pengambil kebijakan pada keuangan Pijay yang melanggar aturan yang seharusnya dilakukan oleh koordinator pengendalian keuangan kabupaten tersebut, tapi malah diterobos secara sendirian tanpa berkoordinasi dengan pihak dewan.

“Kita minta Bupati bisa menertipkannya kedua pejabat dimaksud, yaitu Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Kakayaan dan Aset Daerah (DPKKAD) serta Sekretaris Daerah (Sekda), sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dari masyarakat,”tegas Bentara.

Selain itu tambah Bentara, dalam LHP BPK –RI pada halaman 36 buku satu menemukan adanya piutang tahun 2010 senilai Rp92.975.800 dan Rp68.736.000 atau 68 persen yang merupakan piutang berasal dari tahun anggaran 2009 yang baru dilunasi seniali Rp5.912.000. “Dengan demikian, jumlah piutang keseluruhan yang belum dipungut dari wajib restribusi adalah Rp155.799.800,”tukasnya.
sumber: waspadaonline

Khadafi Miliki Terowongan Rahasia?

ACEH MINUTES] TRIPOLI - Keberadaan dari pemimpin Libya Moammar Khadafi hingga saat ini masih belum diketahui. Tetapi menurut kabar bisa saja saat ini Khadafi sudah berada di luar Tripoli.

Kabar tersebut bisa jadi betul, mengingat keterangan seorang arsitek yang dikabarkan melakukan renovasi atas kediamanan di Bab Al-Aziziya. Arsitek tesebut mengatakan, rumah Khadafi itu dilengkapi terowongan yang terhubung dengan Bandara Internasional Tripoli.

Bulan lalu seorang arsitek yang dikenal dengan John, terbang ke Tripoli pada Februari lalu saat kekisruhan politik di negara tersebut baru saja dimulai. Menurutnya kediaman tersebut dibuat desain baru yang menyediakan terowongan di bawah jalan raya utama dan disain itu sudah disiapkan setahun yang lalu.

"Para pendukung Khadafi menginginkan terowongan bawah tanah tersebut, agar kendaraan militer tidak akan bercampur dengan kendaraan warga. Mereka juga menginginkan jalan rahasia itu memiliki akses menuju bandara Tripoli," ungkap John seperti dikutip Channel 4 News, Rabu (24/8/2011).

Tetapi John sendiri mengaku bahwa perusahaan konstruksi tempat ia bekerja tidak berhasil memenangkan tender pembuatan terowongan ini. Jadi dirinya sendiri tidak mengetahui apa proyek tersebut sudah rampung atau tidak.

John yang berkewarganegaraan Irlandia ini juga sempat mengunjungi Bab al-Aziziya untuk merenovasi bunker yang berada di kediaman Khadafi terebut. Pemerintah Libya saat ini ingin merenovasi bunker yang berada di pada 5-6 meter di bawah tanah dan dapat dimuat dengan kendaraan.

"Jelas sekali bunker itu tidak pernah ditempati sejak lama. Teknologi yang dimiliki bunker tersebut sudah tua, tetapi infrastrukturnya masih bagus dan bisa memuat ratusan orang," ucapnya.

Arsitek ini menambahkan, pejabat Pemerintah Libya menginginkan bunker ini dilengkapi dengan teknologi canggih dari Jerman untuk mengganti tekonologi yang sudah usang. 

Kemungkinan bahwa Khadafi memiliki terowongan bawah tanah ada benarnya. Sebelumnya Surat Kabar Inggris Telegraph mengutip keterangan staf Hotel Rixos yang mengatakan bahwa Khadafi bergerak di Tripoli lewat jalan rahasia.

Ini juga dapat dibuktikan saat Khadafi memberikan keterangan pers beberapa bulan lalu di Hotel Rixos. Saat itu Khadafi tidak masuk melakui pintu masuk hotel dan tidak terlihat di lobi atau koridor hotel, yang dipenuhi jurnalis saat.

Bila laporan ini benar adanya, maka pihak oposisi harus bekerja keras membongkar jaringan terowongan bawah tanah yang digunakan Khadafi. Sumber okezone.com

Ternyata Pengibar Bendera Pusaka Bukan Ilyas Karim

Ilyas Karim. dok RCTI
ACEH MINUTES] JAKARTA - Pada 13 September 2008, Julius Pour, wartawan dan juga penulis biografi, menulis artikel menarik di Kompas dengan judul “History, His Story atau Sekadar Sorry”. Dalam artikel itu, Julius menceritakan pengalamannya ketika diminta Gramedia Pustaka Utama memberi komentar soal buku mengenai kisah pengalaman Soebandrio yang disusun berdasarkan hasil wawancara seorang wartawan.

Intinya, Julis mengatakan, kisah dalam buku itu tidak masuk akal sampai akhirnya Gramedia memutuskan tidak mengedarkan 5000 eksamplar buku yang terlanjur dicetak.

Julius juga mengkritik pengakuan Andaryoko Wisnuprabu (88) dari Semarang yang mengaku dirinya Shodancho Supriyadi, pemimpin pemberontakan Pembela Tanah Air (Peta) di Blitar. Pengakuan Andaryoko juga muncul pada bulan Agustus, jelang peringatan hari proklamasi kemerdekaan RI. Menurut Julius, Wisnuprabu alias Supriyadi bagaikan man for all seasons, hadir di setiap tempat dan segala waktu, sangatlah tak masuk akal.

Pada akhirnya, mengutip sejarawan terkemuka dari Universitas Gadjah Mada (Alm) Prof Dr Sartono Kartodirdjo, Julius mengatakan”… kita harus kritis dalam melakukan wawancara. Kita bukan alat perekam yang akan menelan apa saja omongan orang dan setelah itu ikut menyebar kabar bohong. Kita ingin menulis history, bukan his story atau malahan terjebak dalam sorry….”

Kini kritik Julius itu agaknya terulang kembali setelah wartawan, lagi-lagi menelan bulat-bulat omongan Ilyas Karim, seseorang yang mengaku sebagai laki-laki bercelana pendek pada foto pengibaran Sang Saka Merah Putih pertama kali, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta. Pengakuan Ilyas, entah mengapa juga muncul jelang 17 Agustus, sama seperti Andaryoko.

Belakangan, berdasarkan dokumen sejarah yang diteliti Fadli Zon, pengakuan Ilyas sangat kuat dugaan bohong belaka. Namanya sama sekali tak pernah tercatat dalam dokumen sejarah termasuk keterangan dalam foto pengibaran Sang Saka Merah Putih yang tersimpan di Museum Joang 45. Demikian juga dengan dokumen penjelasan di Sekretariat Negara.

Dalam tulisan berjudul “Membuka Catatan Sejarah: Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 1945”, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara RI Prof. Dr. H. Dadan Wildan, M.Hum menulis, laki-laki bercelana pendek yang mengibarkan bendera pusaka adalah Suhud, bukan Ilyas Karim. Hal ini sama dengan penjelasan Fadli Zon sebagaiana dikutip sejumlah media di Jakarta.

Pengibaran bendera pusaka jahitan Ibu Negara Fatmawati sendiri dilakukan sesaat setelah Soekarno membacakan teks Proklamasi. Dalam artikelnya, Dadan menulis:

“Menjelang pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan, suasana di Jalan Pegangsaan Timur 56 cukup sibuk. Wakil Walikota, Soewirjo, memerintahkan kepada Mr. Wilopo untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan seperti mikrofon dan beberapa pengeras suara. Sedangkan Sudiro memerintahkan kepada S. Suhud untuk mempersiapkan satu tiang bendera. Karena situasi yang tegang, Suhud tidak ingat bahwa di depan rumah Soekarno itu, masih ada dua tiang bendera dari besi yang tidak digunakan. Malahan ia mencari sebatang bambu yang berada di belakang rumah. Bambu itu dibersihkan dan diberi tali. Lalu ditanam beberapa langkah saja dari teras rumah. Bendera yang dijahit dengan tangan oleh Nyonya Fatmawati Soekarno sudah disiapkan. Bentuk dan ukuran bendera itu tidak standar, karena kainnya berukuran tidak sempurna. Memang, kain itu awalnya tidak disiapkan untuk bendera.”

“Acara, dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih. Soekarno dan Hatta maju beberapa langkah menuruni anak tangga terakhir dari serambi muka, lebih kurang dua meter di depan tiang. Ketika S. K. Trimurti diminta maju untuk mengibarkan bendera, dia menolak: " lebih baik seorang prajurit ," katanya. Tanpa ada yang menyuruh, Latief Hendraningrat yang berseragam PETA berwarna hijau dekil maju ke dekat tiang bendera. S. Suhud mengambil bendera dari atas baki yang telah disediakan dan mengikatnya pada tali dibantu oleh Latief Hendraningrat.

Bendera dinaikkan perlahan-lahan. Tanpa ada yang memimpin, para hadirin dengan spontan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bendera dikerek dengan lambat sekali, untuk menyesuaikan dengan irama lagu Indonesia Raya yang cukup panjang. Seusai pengibaran bendera, dilanjutkan dengan pidato sambutan dari Walikota Soewirjo dan dr. Muwardi.”

Kini, peringatan Sartono seperti dikutip Julius kembali bergema. Sejauh mana wartawan mengkritisi pengakuan Ilyas Karim ketika wawancara? Apakah pengakuan yang menyangkut sejarah amat penting negeri ini sudah diverifikasi? Sumber okezone.com

Muslihat Keruk APBK


ACEH MINUTES] Tahun 2009, KontraS Aceh, GeRAK Aceh, dan LBH Banda Aceh melakukan pemantauan anggaran dan menemukan sekitar Rp 25.478.183.091 anggaran yang dialokasikan kepada instansi TNI, Polri, Kejaksaan, Intelijen, dan Pengadilan ditemukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota/Kabupaten (APBK) yang tersebar di Kabupaten Bener Meriah, Aceh Utara, Aceh Barat, Aceh Besar, Kota Sabang, Pidie, Kota Banda Aceh, Pidie Jaya, dan Kota Lhokseumawe.

Tahun 2010, ditemukan sekitar Rp 13.978.937.600 dalam APBK Kabupaten Aceh Utara, Pidie dan Kota Lhokseumawe. Data tersebut menunjukkan hampir setiap Kabupaten/Kota Aceh masih menganggarkan untuk instansi vertikal. 

Itu artinya pelanggaran administrasi masih terjadi, sehingga berdampak pendanaan ganda, seharusnya cukup melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.13/2006, Permendagri No. 59/2007 serta Permendagri No.25/2009 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2010. 

Selain itu, UU No.34/2004 tentang TNI, menyatakan pembiayaan melalui APBN, diajukan Departemen                        Pertahanan. Pembiayaan Polri melalui APBN tegas disebut dalam Keppres No.70/2002. 

APBK sepatutnya digunakan hanya untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sayangnya, tahun 2011 masih ada kabupaten/kota yang menganggarkan untuk instansi vertikal. Aceh Tengah bahkan menganggarkan Rp 38.025.000 untuk Polri dan TNI Rp 1.098.275.000.
Dalam buku II penjabaran APBK tahun anggaran 20011 Aceh Tengah, penggunaan dana Polri juga sulit dipahami. Misalnya item honorium petugas polisi ke Banda Aceh, senilai Rp 5.400.000 disebutkan untuk peningkatan pelayanan dan pembinaan serta pelatihaan bagi jamaah haji. Item yang sama juga dicantumkan dengan nilai Rp 2.000.000 untuk pengamanan polisi. Anehnya lagi ada pula item honorium tenaga ahli atau narasumber (Kapolsek) Rp 1.725.000. 

Kitap anggaran itu juga menunjukkan keanehan penggunaan anggaran TNI. Senilai Rp 1.050.000.000 diperuntukan belanja modal pengadaan konstruksi jalan. Jelas itu bukan tugas dan fungsi TNI. Ketidakjelasan lainnya pencantuman biaya administrasi TNI tanpa keterangan Rp 21.450.000, begitu juga penggunaan untuk honorium Rp 4.125.000.

Anggaran tersebut jelas sangat bijak bila dipergunakan untuk program penurunan angka kemiskinan. Hasil survei Pusat Statistik (BPS) Aceh Tengah, tahun 2009 sejumlah 21 % penduduk dalam kemiskinan. Sumber JeJAK KontraS Aceh

Ketika Tentara Main Tanah


Sumber JeJAK
ACEH MINUTES] Pria itu merampas hand phone dari tangan Syahruddin. Lalu mengancam, “saya sudah perintahkan kamu mengosongkan rumah ini, tapi tidak kamu kosongkan, jadi sekarang saya tangkap saja kamu,” kata anggota TNI AL itu. Ia tidak sendirian, sedikitnya 20 personil mengendarai sebuah truk dan sedan menyerbu rumah warga Desa Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Sabang, 14 Juni 2010.

Syahruddin tidak ciut nyali. Ia mengambil surat tanah, membuktikan tanah yang ditempati milik keluarganya. Tapi anggota TNI AL tidak peduli. Pria kelahiran 37 tahun silam itu, lantas memilih pergi. Namun aparat malah menyergap. Tak hanya itu, tapi juga memukul dan mendaratkan senjata ke wajahnya.

Penyiksaan berlangsung tak kurang 30 menit, sebelum ia dibawa ke Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) untuk     diperiksa. Saat pemukulan, sebagian personil TNI AL                  mengangkut barang-barang milik Syahruddin ke dalam truk dan menghancurkan rumahnya dengan martil. 

Syahruddin tak sembarang menguasai tanah seluas 5 hektar yang bersengketa. Ia membangun rumah berdasarkan sertifikat hak pakai nomor 11 tahun 1994. Sementara akta jual-beli tanah sudah dimiliki sejak 1979. Namun TNI AL menyuratinya 2 Juni 2010, isinya meminta pengosongan tanah.
Kolonel Laut Ir Paruntungan G, Sekretaris Dinas (Sekdis) Penerangan Angkatan Laut, lewat surat pembaca di Koran Tempo edisi 25 Juni 2010 membantah. Menurutnya 14 April 1986, Komandan Pangkalan TNI AL Sabang mengizinkan Tengku Abd. Rani Asyik (orang tua Syahruddin) mengunakan tanah milik TNI AL seluas 2,5 hektar dengan syarat tidak membangun rumah dan usaha lain yang merusak lingkungan. “Memang benar telah dilaksanakan eksekusi pembongkaran rumah,” tulisnya.

TNI AL kukuh pemilik sah tanah berdasarkan sertifikat hak pakai dari Badan Pertanahan Nasional Kodya Sabang nomor 11 tanggal 6 Juli 1994. Sebelum eksekusi, Lanal sudah menunggu waktu pelaksanaan pertemuan yang akan dimediasi DPRD Sabang. 7 Juni 2010 Lanal Sabang      mengirim surat pada Ketua DPRD Sabang berisi pemberitahuan penundaan eksekusi tanah hanya lima hari. “Sampai 13 Juni 2010 tidak ada tanggapan DPRD, maka 14 Juni 2010 pukul 09.00 WIB dilaksanakan eksekusi,” tulis Paruntungan.

Atas dalih apapun, pembongkaran paksa dan penganiayaan yang dilakukan oknum TNI AL jelas tindak pidana.  Pasal 353 (1) dan pasal 170 KUH Pidana dilangar, ancamannya penjara di atas lima tahun lebih.
TNI AL tidak punya kuasa eksekusi atas tanah tersebut, walau mengklaim memiliki sertifikat tanah tahun 1994    dengan hak pengelolaan. Pasalnya, Syahruddin juga memiliki akte jual angkat terbit tahun 1979. Dalam hukum perdata, Syahruddin subjek hukum orang dan TNI AL subjek hukum badan hukum publik haknya sama. 
Seharusnya TNI AL melakukan gugatan perdata, jika mengakui Indonesia negara hukum sesuai pasal 1865 KUHPerdata, setiap orang yang mendalilkan sesuatu hak, atau guna meneguhkan haknya maupun membantah hak orang lain, diwajibkan membuktikan hak atau peristiwa tersebut.”
Eksekusi perkara perdata dilakukan juru sita pengadilan negeri. TNI AL tidak punya wewenang, sebab bukan lembaga keamanan melainkan institusi pertahanan. Ini diatur dalam Undang-undang No 34 tahun 2004 tentang TNI. 
Pasal 6 ayat (1) mengatur tentang TNI, sebagai alat pertahanan negara, berfungsi sebagai; a. penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa; b. penindak terhadap setiap bentuk ancaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a; dan c. pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan. Dan di ayat 2 tersebut juga tidak mengatur tentang tugas untuk menghancurkan dan melakukan klaim terhadap tanah yang    dipersengketakan tersebut.

Atas tindak kekerasan dan disertai penghancuran rumah dan klaim kepemilikan tanah, akhirnya Syahruddin melaporkan kasus tersebut ke Komnas HAM perwakilan Aceh. Komnas HAM lantas meminta penjelasan Komandan Pangkalan Utama TNI AL I yang membawahi Pangkalan TNI AL Sabang. 
Berkenaan dengan kasus serobot tanah, ternyata tak hanya Syahruddin korbannya. Syukri, 38 tahun, juga mengalaminya. Tapi ia beruntung tidak mendapat kekerasan. Syukri juga melaporkan kasus klaim tanah ke Komnas HAM Perwakilan Aceh, pada 15 Maret 2011.
Pihak Komnas HAM Aceh menjelaskan penyelesaian sengketa tanah Syahruddin dan Syukri sedang dalam pembahasan di Komnas HAM Jakarta. Kasus Syahruddin menjadi pintu masuk dalam penyelesaian kasus tanah lainnya di Sabang.
 Dalam pertemuan dengan Komnas HAM, Syahruddin meluapkan harapan agar kasusnya cepat ditangani. Setahun sudah ia menunggu kepastian hukum. Sayangnya, tanda-tanda penyelesaian belum terlihat. Semoga ujung cerita, nasibnya tak serupa rumahnya; porak-poranda. Sumber JeJAK
    

Istri dan Putri Khadafi Disebut Kabur ke Eropa 2 Bulan Lalu

Aisha Khadafi
ACEH MINUTES] London - Anak-istri Muammar Khadafi tercerai berai seiring konflik di Libya. Sekarang, posisi Khadafi misterius setelah kediamannya di Tripoli dikuasai oposisi. Sedangkan istri dan putrinya disebut-sebut telah kabur ke Eropa.

Noman Benotman, seorang pemberontak senior menuturkan, istri Khadafi, Safiya, dan putrinya, Aisha, sekarang ini berada di 'sebuah negara demokratik di Eropa' bersama cucu-cucu Khadafi, untuk mengambil keuntungan dari 'hukum HAM yang liberal' dan mencari suaka.

"Saya diberitahu Aisha dan ibunya meninggalkan Libya dengan cucu-cucu Khadafi. Mereka pergi dua bulan lalu, pergi lewat Tunisia ke Eropa. Saya tahu di negeri mana mereka tapi saya tidak bisa membocorkannya dengan alasan keamanan," ujarnya pada media Inggris, Evening Standard, edisi Rabu (23/8/2011).

Selama tahun 90-an, Benotman mendirikan Kelompok Pejuang Islam Libya, yang bertujuan menggulingkan Khadafi dan mendirikan sebuah negara Islam di Libya. Namun kemudian dia memilih mundur dari kegiatan militan Islam dan bekerja sebagai analis untuk lembaga think thank kontra-ekstremisme Quilliam Foundation di pusat kota London.

Benotman yang berhubungan erat dengan pemimpin pemberontak di Benghazi, Libya timur, adalah orang yang pertama kali mengumumkan bahwa putra-putra Khadafi, Saif dan Mohammed, telah dibebaskan oleh pasukan loyalis Khadafi.

Benotman menambahkan, "Saif dan Mohammed masih tetap di Tripoli untuk memerangi pemberontak dan saya mendapat info, putranya yang lain, Al Saadi telah meninggalkan Tripoli menuju Libya selatan."

Sebuah rekaman video dramatis yang diunggah di internet diduga menggambarkan pemberontak Libya sedang menyerang rumah Aisha Khadafi. Gerombolan bersenjata menjarah furnitur dengan gerobak dorong. Tak ada tentara yang berjaga di kompleks itu.

Aisha yang mendapat julukan "Claudia Schiffer dari Afrika Utara" karena rambut pirang panjangnya, dikenal dekat dengan ayahnya. Pengacara 36 tahun sering mengejek Barat lewat serangkaian pidato menantangnya selama 6 bulan perang sipil.

Pada April 2011, ia mengatakan Presiden Obama "tidak mencapai apa-apa" dan mengejek Hillary Clinton karena tidak meninggalkan suaminya, Bill, setelah perselingkuhannya dengan Monica Lewinsky.

Mengenakan celana jins ketat dan sepatu Gucci, kala itu dia berkata: "'Mengapa kau tidak meninggalkan Gedung Putih ketika Anda mengetahui tentang kecurangan suami Anda?"

Aisha, yang belajar hukum di Paris, bekerja pada tim pembela Saddam Hussein di pengadilan di Irak. Sumber Detik.com

Rocky Ungguli Konvensi Cabup PA Aceh Timur

Foto Zubir/Serambi
ACEH MINUTES] PEUREULAK - Hasballah M Taeb yang sering disapa Rocky oleh rekan-rekannya, memenangkan konvensi pemilihan bakal calon bupati Aceh Timur yang digelar Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Aceh (PA) Kabupaten Aceh Timur, Senin (22/8). Rocky bersama pasangannya Syahrul Syamaun meraup 61 dari 110 suara pemilih. 

Namun demikian, Namun, untuk kepastian siapa yang akan diusung menjadi pasangan calon bupati Aceh Timur, pihak panitia konvensi akan mengirimkan tiga pasangan yang masuk tiga besar kepada pihak DPP PA di Banda Aceh. Kemudian, DPP PA akan menetapkan salah satu pasangan untuk diusung secara bersama-sama dalam pilkada mendatang. 

Amatan Serambi, konvensi yang digelar di tengah guyuran hujan tersebut diikuti oleh ratusan kader PA, yang memiliki hak suara maupun peninjau. Tampak hadir sesepuh PA Tgk Sanusi Muhammad. Sedangkan dari kandidat konvensi, hanya hadir Tgk Abdurrani (wakil dari pasangan Ridwan alias Nektu) dan Syahrul Syamaun, wakil dari Rocky.

Pj Ketua DPW Partai Aceh (PA) Kabupaten Aceh Timur, Syahrul Syamaun alias Syahrul Panyang, mengatakan, pihak panitia konvensi telah mengedarkan 120 undangan kepada pemilih yang terdiri dari Panglima Wilayah, Panglima Sagoe, Panglima Daerah, Ulee DPC, Sekretaris DPC, Bendahara DPC, dan seluruh pengurus DPW. Namun, yang datang memberikan hak suara adalah 110 orang.

“Alhamdulillah acara hari ini berjalan dengan lancar dan tertib sebagaimana yang kita harapkan. Nanti pasangan yang masuk perolehan suara tiga besar akan kita kirim ke DPP. DPP lah yang akan menetapkannya. Maka, hari ini tidak ada istilah yang kalah rendah diri atau yang menang bangga diri. Mari kita sama- sama berjuang untuk PA ke depan,” ujarnya. 

Hasballah alias Rocky yang dihubungi usai konvensi mengatakan, bila telah dipercayakan, ia siap menjalankan amanah seluruh kader PA Aceh Timur. “Semoga kebersamaan dengan persatuan ini kita pupuk dengan rapi demi perjuangan yang lebih panjang ke depan,” demikian Rocky.Sumber Serambinews.com

Para Legenda Milan ke Jakarta, Tontonan Pasca Lebaran

ACEH MINUTES] Jakarta - Figur-figur beken seperti Franco Baresi, George weah, Marcos Cafu dan Alessandro Costacurta akan bisa disaksikan langsung oleh fans Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno pada 4 September mendatang.

Diprakarsai oleh PT. Asia Sport Development (ASD), bintang-bintang lawas AC Milan akan melakukan kunjungan ke Jakarta dan menggelar pertandingan eksebisi.

Bertajuk "AC Milan Glories vs Indonesia Al Star Legends", event tersebut akan dihelat pada hari Minggu 4 September di Stadion GBK,atau lima hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Selain nama-nama yang telah disebutkan di atas, juga akan hadir mantan pemain-pemain top Rossoneri yang lain seperti Daniele Massaro, Nelson Dida, Serginho, Jean Pierre Papin, Gianluigi Lentini, dan Christian Panucci.

Sebagian hasil penjualan tiket pertandingan eksebisi tersebut akan dialokasikan sebagai dana sosial, antara lain untuk membantu korban bencana alam. Yayasan Nadhatul Ulama (NU) dipilih sebagai institusi resmi penerima donasi yang akan disumbangkan oleh AC Milan Foundation.

Tiket pertandingan sudah bisa dipesan online di Tiku.co.id , rajakarcis.com, ibudibjo.com, dan plasa.com dengan rincian harga sebagai berikut:

VIP Barat : Rp 1.250.000
VIP Timur : Rp 750.000
Kategori 1 : Rp 150.000
Kategori 2 : Rp 100.000
Kategori 3 : Rp 50.000

Informasi lebih lanjut bisa diakses di situs www.acmilanindonesia.com , facebook.com/ACMIndonesia dan twitter @ACMilanGlorie.

Daftar legenda Milan yang dipersiapkan:

1. Nelson Dida
2. Massimo Taibi
3. Franco Baresi
4. Alessandro Costacurta
5. Christian Panucci
6. Pietro Vierchwood
7. Roberto Mussi
8. Giuseppe Favalli
9. Giuseppe Pancaro
10. Stefano Eranio
11. Gigi Lentini
12. Diego Fuser
13. Angelo Carbone
14. Mario Bortolazzi
15. Roberto Lorenzini
16. Marcos Cafu
17. Serginho
18. Daniele Massaro
19. Maurizio Ganz
20. Jean Pierre Papin
21. George Weah
Sumber detik.com

Bela Mourinho, Madrid Balik Tuding Barca

ACEH MINUTES] Madrid - Real Madrid mengeluarkan komentar resmi terkait keributan di Camp Nou. Menyusul rencana penyelidikan terhadap Jose Mourinho, pihak El Realmengajukan pembelaan dengan balik menuding Barcelona.

Mourinho kini terancam dijatuhi hukuman berat terkait aksi colok mata yang dia lakukan terhadap Tito Villanova. Jika terbukti bersalah dia bisa dijatuhi larangan menemani El Real sebanyak 12 laga.

Adanya penyelidikan dari RFEF dan munculnya ancaman sanksi terhadap Mourinho itulah yang kemudian membuat kubu Real Madrid bereaksi. Padahal pasca kejadian tersebut mereka tak mengeluarkan komentar apapun.

Dalam pernyataannya, pihak Madrid melontarkan keterkejutan atas upaya penyelidikan yang akan dilakukan RFEF mengingat peristiwa tersebut sudah terjadi hampir sepekan. Apalagi keputusan melakukan penyelidikan, mereka klaim terjadi hanya beberapa jam setelah Presiden Barcelona meminta otoritas sepakbola Liga Spanyol mengambil tindakan atas kejadian di Camp Nou tersebut.

"Real Madrid CF ingin menungkapkan keterkejutannya atas investigasi yang tengah dilakukan lima hari setelah pertandingan, dan yang mengundang pertanyaan adalah karena dilakukan hanya beberapa jam setelah presiden Barcelona mempublikasikan permintaan pada Federasi Sepakbola Spanyol untuk mengambil tindakan."

"Real Madrid CF berharap investigasi tersebut benar-benar mengklarifikasi apa yang terjadi selama dan setelah pertandingan," demikian pernyataan resmi pihak Madrid.

Lebih lanjut Madrid juga melancarkan serangan balasan pada pihak Barcelona. Mereka yang pasca kasus tersebut tak mengeluarkan pernyataan apapun kini menuduh The Catalans telah melakukan provokasi, penghinaan, dan serangan terhadap skuad dan staff kepelatihan Madrid.

Seluruh kejadian itu disebut Madrid terjadi di atas lapangan serta dalam lorong saat berjalan menuju ruang ganti di Cam Nou. Dan karena alasan inilah Real Madrid berniat mempertahankan diri terhadap 'serangan' yang mengancam mereka.

"Pihak klub berharap ada yang mengungkap soal provokasi, tindakan memalukan, penghinaan-penghinaan dan agresi kepada skuad pemain dan staff pelatih yang terjadi di atas lapangan dan di dalam lorong menuju ruang ganti. Hal ini disesalkan karena menjadi pembuka jalan atas insiden yang kemudian terjadi."

"Real Madrid CF akan terus mempertahankan kesatuan dan nilai yang melekat dan akan terus berusaha dengan keras mengupayakan kolaborasi yang memungkinkan antara klub-klub dan institusi-institusi yang ada di seluruh dunia," demikian pernyataan Madrid sebagaimana dikutip dari Skysports.Sumber detik.com

Demokrat Aceh Utara belum Tentukan Calon Bupati

ACEH MINUTES] LHOKSUKON - Partai Demokrat Aceh Utara hingga kini belum menentukan calon bupati yang diusung partai itu dalam pilkada nanti. Pasalnya, Demokrat masih menunggu jadwal Pilakada terbaru yang dikeluarkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Selain itu, mereka juga masih menggodok nama-nama kandidat bupati yang sesuai dengan visi dan misi partai tersebut.

“Kita sudah komit dengan PAN dan Partai SIRA berkoalisi mengusung satu kandidat bupati. Namun, sampai saat ini kita belum tentukan siapa kandidat yang kita usung karena masih menunggu jadwal terbaru dari KIP Aceh serta komitmen dari kandidat,” sebut Ketua Partai Demokrat Aceh Utara, Asdar, kepada Serambi, Senin (23/8) usai buka bersama anak yatim di kantor partai tersebut.

Saat ini, sebut Asdar, dua kandidat yakni Murni dan Dr Ramli yang sedang berkomunikasi dengan pihaknya. “Dua kandidat itu yang sudah berkomunikasi. Kita lihat dulu perkembangan ke depan, apakah kita akan mendukung satu dari dua kandidat itu. Jika tidak ada kandidat yang satu haluan dengan kita, maka Demokrat akan kerahkan dukungan ke Partai Aceh. Pembicaraan awal dengan Partai Aceh sudah kita lakukan satu kali,” pungkas Asdar.Sumber Serambinews.com

Asing pantau Pemilukada Aceh

ACEH MINUTES ] BANDA ACEH – Sampai saat ini, ada empat pemantau yang telah mendaftar di KIP Aceh untuk memantau Pemilukada Aceh yang juga melibatkan pemantau dari luar negeri. Di antara pemantau tersebut adalah IPI (Institut Perdamaian Indonesia), LPPNRI (Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia) yang akan memantau di seluruh Aceh dengan jumlah anggota 300 orang, GeRAK (Gerakan Antikorupsi) Aceh dan lembaga asing yaitu ANFREL (The Asian Network for Free and Fair Election) dari Bangkok.

Empat pemantau tersebut, menurut Ketua Kelompok Kerja Pendaftaran dan Akreditasi Pemantau Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh Yarwin Adi Dharma, sudah mempunyai akte. Satu-satunya yang sudah terakreditasi baru LPPNRI yang akan memantau di seluruh Aceh.

"Lembaga asing itu Anfrel, The Asian Network for Free and Fair Election dari Thailand," katanya.

Saat ini, kata dia, lembaga asing tersebut sedang diverifikasi sebelum diberikan sertifikat sebagai pemantau pilkada Aceh. Selain itu, lembaga asing tersebut juga harus terdaftar di Kementerian Luar Negeri.

"Khusus lembaga pemantau asing mereka harus memenuhi peraturan perundang-undangan di Indonesia, salah satunya aturan keimigrasian. Kami tidak ingin kehadiran pemantau asing melahirkan masalah keimigrasian," tegas Yarwin.

Selain lembaga asing, kata dia, ada sejumlah pemantau lokal yang sudah mendaftarkan diri yakni Institut Perdamaian Indonesia (IPI), dan Gerakan Antikorupsi (Gerak).

Kedua lembaga tersebut juga sedang menjalani proses verifikasi. Verifikasi meliputi legalitas lembaga, pengurus dan anggota, serta wilayah yang akan dipantau, katanya.

"Untuk IPI, setelah diverifikasi ada persyaratan yang kurang, tapi tidak banyak. Hanya foto anggota pemantaunya saja. Selain lembaga, ada juga pemantau dari kalangan individu. Mereka sudah mengambil formulir pendaftaran, tetapi hingga kini belum menyerahkannya," kata dia.

Dari sejumlah lembaga pemantau itu, sebut dia, baru Lembaga Pemantau Penyelenggaraan Negara Republik Indonesia (LPPNRI) yang lolos verifikasi dan telah mendapat akreditasi dan sertifikasi dari KIP Provinsi Aceh."Lembaga ini akan menurunkan 300 pemantau di seluruh Aceh. Sedangkan IPI berencana hanya memantau di 17 daerah pemilihan dengan melibatkan 17 personel," ujarnya.

Ia juga menegaskan, setiap lembaga yang berkeinginan memantau pilkada Aceh wajib menyebutkan sumber dana operasionalnya dengan jelas serta dasar hukum pendirian lembaga."Kami ingatkan sumber dana lembaga yang ingin memantau pilkada Aceh harus jelas. Bukan jumlah dana yang digunakan, tetapi sumber dananya," tegas dia.KIP Provinsi Aceh, sebut Yarwin, masih memberi kesempatan bagi pemantau untuk mendaftar diri. 

Kesempatan yang diberikan sebulan sebelum hari pemungutan suara."Kalau mengacu pada tahapan sekarang, itu berarti pendaftaran dibuka hingga 14 Oktober 2011. Namun, pendaftaran bakal diperpanjang karena ada penjadwalan ulang pilkada," katanya.Sumber Waspada online

Tarif Mudik Naik, Hubungi 08126907816

ACEH MINUTES ] BANDA ACEH - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Banda Aceh memastikan tarif angkutan mudik baik bus maupun L 300 tidak naik. Jika masyarakat menemukan ada perusahaan angkutan yang menaikkan tarif, bisa menghubungi nomor 08126907816. 

Kadishubkominfo Kota Banda Aceh, Muzakkir Tulot menegaskan, perusahaan yang bandel akan cabut izin trayeknya. Hal ini sesuai kesepakatan antara pihak Dishubkominfo dengan Organda Kota Banda Aceh dan Provinsi Aceh beberapa waktu lalu. “Tarif tidak boleh dinaikan. Untuk itu kami membuka layanan pengaduan di nomor 08126907816,” kata Muzakkir Tulot kemarin.

Sementara itu, Dishubkominfo Kota Banda Aceh juga menyiapkan 1.334 bus dan L 300 antarkota dalam provinsi, dan 242 bus antarkota antarprovinsi. Sebanyak 32 Damri juga disiagakan untuk armada cadangan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah yang diperkirakan akan terjadi pada H-5 hingga H-4.

Tes Urine 
Untuk memastikan kondisi kesehatan pengemudi, PT Jasa Raharja (Persero) Aceh akan mengetes urine para sopir bus angkutan Lebaran 2011. Tes urine ini dimaksudkan untuk menjamin kondisi sopir dan keselamatan para pemudik ke tempat tujuan.

Rencananya, tes urine itu dilaksanakan pada Sabtu (27/8) malam, di Terminal Batoh, Kota Banda Aceh. Indikasi yang dilihat dari tes urine tersebut, memastikan kondisi kesehatan para sopir tersebut tidak dalam pengaruh minuman keras dan obat-obatan terlarang saat mengemudikan angkutan umum.

“Untuk menguji urine para pengemudi angkutan umum tersebut, kami bekerja sama dengan Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Aceh. Ini untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas menjelang Idul Fitri 1432 Hijriah, serta memberi kenyamanan kepada pemudik yang menggunakan angkutan umum,” kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Aceh, Patoni kepada Serambi, Selasa (23/8).

Kata dia, selain tes urine, PT Jasa Raharja juga mendirikan sejumlah pos kesehatan selama arus mudik berlangsung. Pos kesehatan ini didirikan di terminal Batoh dan Pelabuhan Ulee Lheue.Sumber Serambinews.com

Polisi Kawal Pemudik Hingga Saree

ACEH MINUTES ] BANDA ACEH - Anggota jajaran Ditlantas Polda Aceh siap mengawal pemudik lintas timur Aceh, mulai dari Lambaro sampai ke Saree, Aceh Besar, sejak H-7 (Selasa, 23/7) sampai H+7 Idul Fitri 1432 Hijriah. Pengamanan arus mudik itu dilakukan empat kali sehari, mulai berangkat pukul 09.00 WIB, 10.00 WIB, 16.00 WIB, dan 17.00 WIB. 

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Unggul Sedyantoro, dalam konferensi pers di Ditlantas Polda Aceh, Selasa (23/8), didampingi Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Farid Ahmad dan Kepala Jasa Raharja Cabang Banda Aceh, Patoni. 

“Arus mudik dan arus balik paling padat di lintas timur Aceh. Karena itu, kita mengawal sampai ke Saree. Nanti polisi jalan di depan menggunakan mobil PJR, sedangkan pemudik dengan mobil dan sepeda motor mengikuti di belakang. Untuk ikut rombongan mudik bareng ini, pemudik berkumpul di pos pengamanan mudik di Lambaro,” katanya. 

Pengawalan pemudik untuk pertama kali di Aceh seperti itu dilaksanakan sesuai harapan pimpinan Polri. Tujuannya agar kenyamanan pemudik lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, terutama dalam menekan angka kecelakaan berlalu-lintas. Ketika arus balik nanti, pengamanan juga dilakukan dari Saree-Lambaro “Sedangkan di titik-titik rawan akan dipasang gambar tengkorak. Ini untuk mengingatkan pengemudi agar berhati-hati,” jelasnya.

Hotline 9191
Di sepanjang jalur lintas timur Aceh juga disiapkan pos layanan yang bisa dihubungi melalui nomor hotline 9191. Layanan ini tersebar di 10 pos polisi, yaitu di Pos Saree Aceh Besar, Pos Kota Sigli, Pos Simpang 4 Bireuen, Pos Simpang Cunda Lhokseumawe.

Kemudian Pos Induk PJR Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Pos Kuala Simpang, Aceh Tamiang, Pos Simpang Tugu, Langsa, Pos PJR Induk Langsa, Pos Simpang Kelana, Aceh Tamiang, dan Pos Unit PJR Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. 

Pemudik yang mengalami kendala di perjalanan silakan menghubungi ke nomor itu. “Nanti akan tersambung dengan nomor hotline terdekat dengan posisi pemudik. Petugas siap membantu kapan saja. Nomor mulai aktif H-7 sampai H+7 Idul Fitri 1432 Hijriah nanti. Selain itu, mudik ke lintas mana saja, pemudik juga bisa istrahat sambil mendapat pelayanan kesehatan ringan di setiap pos polisi. Bahkan di Lhokseumawe ada pos yang memberi layanan servis kendaraan. Semua pelayanan itu gratis,” jelas Dirlantas. Sumber Serambinews.com

Parnas di Aceh Jaya Belum Sepakati Balon

ACEH MINUTES] CALANG - Koalisi partai nasional (parnas) di Aceh Jaya hingga kini belum menyepakati sosok yang akan diusung untuk bertarung dalam pilkada mendatang. Penyebabnya, belum ada kejelasan penyelesaian konflik regulasi pilkada di Aceh.

Ketua Partai Demokrat Aceh Jaya, T Hasyimi Puteh kepada Serambi, Selasa (23/8) mengatakan, pihaknya masih menunggu selesainya konflik regulasi pilkada di Aceh. “Kita akan segera memunculkan figur yang siap untuk berkompetisi pada pilkada nanti dengan penuh pertimbangan dan kesepakatan dari partai koalisi, di antaranya Golkar, PPP dan PDA,” jelas Hasyimi.Sementara Sekjen Partai Golkar Aceh Jaya, T Asrijal menyebutkan, banyak kader yang telah disiapkan sejumlah partai yang memiiki kursi di DPRK Aceh Jaya, termasuk Golkar. Namun kader itu belum dimunculkan karena tergantung rapat koalisi parpol figur mana yang akan diusung dalam pilkada nanti,” jelasnya.Sumber Serambinews.com

KIP: Tahapan pemilukada sah

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan, seluruh tahapan Pemilukada Aceh yang telah diselenggarakan tetap berlaku dan sah secara hukum.

Menurut Wakil Ketua KIP Aceh, Ilham Saputra, meski surat pemberitahuan mengenai berakhirnya masa tugas Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh baru dikirim pimpinan

DPRA pada 18 Agustus, tahapan Pemilukada yang telah ditetapkan dan dijalankan Komisi Pemilihan tetap sah secara hukum.

"Tahapan lama tetap berlaku, seperti verifikasi calon, pembentukan PPK dan PPS. Ini yang perlu kami sampaikan," ujar Ilham.

Dalam pertemuan di Kementerian Dalam Negeri pada 19 Agustus, pernyataan yang sama dikemukakan Direktur Jenderal Otonomi Khusus Djohermansyah Djohan yang menerangkan tahapan yang dijalankan KIP sebelum masa cooling down tidak perlu diulangi. Kemendagri mengakui keabsahan tahapan tersebut.

Pimpinan DPRA mengirimkan surat pemberitahuan tentang berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh melalui surat bernomor 161/1938 yang ditandatangani Wakil Ketua DPRA Amir Helmi.

Menurut Ilham Saputra, menurut Undang-undang No.11/2006, surat pemberitahuan itu tak lantas menjadi alat untuk menentukan tahapan. "Surat itu bisa di tengah tahapan. Jadi, saya kira ini semakin memperkuat kita secara hukum untuk bisa bekerja lebih baik," ujar Ilham.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KIP Aceh Yarwin Adi Dharma menyebutkan, KIP akan menjalankan tahapan pemilihan kepala daerah setelah DPRA membahas dan mengesahkan Rancangan Qanun Pilkada. Sesuai dengan surat Mendagri, DPRA dan Gubernur akan membahas ulang rancangan qanun pada kurun waktu 5 hingga 19 September.

"Tanggal 20 September sudah menjadi ranah KIP untuk melanjutkan tahapan. Jadi, kita menghargai atau mematuhi masa cooling down yang dalam surat Mendagri dari 5 Agustus hingga 5 September. Untuk ke depan lalu diberi waktu lagi dua minggu untuk legislatif dan eksekutif menyempurnakan dan mengesahkan qanun," kata Yarwin.
sumber: waspadaonline

Polisi kawal pemudik pesisir timur Aceh

ilustrasi
BANDA ACEH - Polda Aceh akan mengawal seluruh pemudik yang melintas di jalur pesisir timur Aceh khususnya pemudik pengendara sepeda motor.

"Kami sudah menyiapkan personel untuk mengawal pemudik, terutama konvoi sepeda motor dan pengawalan tersebut tidak kami pungut bayaran," kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Unggul Sedyantoro.

Pengawalan itu diberikan untuk memberikan rasa aman dan nyaman di jalan raya kepada pemudik khususnya dari Kota Banda Aceh hingga ke kampung asalnya masing-masing.

"Situasi keamanan secara umum di Aceh kondusif, namun pemberian pengawalan polisi agar pemudik lebih teratur saat berada di jalan raya sehingga upaya menekan angka kecelakaan kendaraan bermotor di Aceh bisa terwujud," katanya.

Disebutkan, Polda Aceh telah menggelar operasi Ketupat Rencong 2011 dan dari kegiatan tersebut telah dipetakan sebanyak 33 titik rawan kecelakaan di jalur timur, 14 di wilayah tengah dan 31 pesisir barat selatan provinsi itu.

"Titik rawan kecelakaan khusus di pantai timur itu seperti tikungan tajam, gundukan dan bangunan toko di persimpangan yang menghalangi pemandangan supir serta ruas jalan yang digunakan untuk parkir," kata dia menjelaskan.

Selain itu, Unggul menyebutkan, dalam operasi Ketupat Rencong 2011 Polda Aceh dan instansi terkait juga membangun sebanyak 27 pos pengamanan Lebaran di lintas timur sejak dari Kota Banda Aceh hingga Aceh Tamiang, berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara.

Untuk wilayah tengah Aceh, Polda membangun sebanyak 22 pos pengamanan Lebaran dengan harapan mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat Muslim merayakan Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah.

Sedangkan pos pengamanan pemudik di lintas barat dan selatan Aceh telah dibangun sebanyak 20 unit. Selain itu juga telah disiapkan sebanyak 44 pos pelayanan Lebaran di seluruh Aceh.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh itu juga menyebutkan pihaknya berupaya menekan angka kecelakaan di provinsi tersebut khususnya saat berlangsungnya operasi Ketupat Rencong 2011 sejak H-7 hingga H+7 Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah.
sumber: wapadaonline