Rabu, 24 Agustus 2011

Khadafi Miliki Terowongan Rahasia?

ACEH MINUTES] TRIPOLI - Keberadaan dari pemimpin Libya Moammar Khadafi hingga saat ini masih belum diketahui. Tetapi menurut kabar bisa saja saat ini Khadafi sudah berada di luar Tripoli.

Kabar tersebut bisa jadi betul, mengingat keterangan seorang arsitek yang dikabarkan melakukan renovasi atas kediamanan di Bab Al-Aziziya. Arsitek tesebut mengatakan, rumah Khadafi itu dilengkapi terowongan yang terhubung dengan Bandara Internasional Tripoli.

Bulan lalu seorang arsitek yang dikenal dengan John, terbang ke Tripoli pada Februari lalu saat kekisruhan politik di negara tersebut baru saja dimulai. Menurutnya kediaman tersebut dibuat desain baru yang menyediakan terowongan di bawah jalan raya utama dan disain itu sudah disiapkan setahun yang lalu.

"Para pendukung Khadafi menginginkan terowongan bawah tanah tersebut, agar kendaraan militer tidak akan bercampur dengan kendaraan warga. Mereka juga menginginkan jalan rahasia itu memiliki akses menuju bandara Tripoli," ungkap John seperti dikutip Channel 4 News, Rabu (24/8/2011).

Tetapi John sendiri mengaku bahwa perusahaan konstruksi tempat ia bekerja tidak berhasil memenangkan tender pembuatan terowongan ini. Jadi dirinya sendiri tidak mengetahui apa proyek tersebut sudah rampung atau tidak.

John yang berkewarganegaraan Irlandia ini juga sempat mengunjungi Bab al-Aziziya untuk merenovasi bunker yang berada di kediaman Khadafi terebut. Pemerintah Libya saat ini ingin merenovasi bunker yang berada di pada 5-6 meter di bawah tanah dan dapat dimuat dengan kendaraan.

"Jelas sekali bunker itu tidak pernah ditempati sejak lama. Teknologi yang dimiliki bunker tersebut sudah tua, tetapi infrastrukturnya masih bagus dan bisa memuat ratusan orang," ucapnya.

Arsitek ini menambahkan, pejabat Pemerintah Libya menginginkan bunker ini dilengkapi dengan teknologi canggih dari Jerman untuk mengganti tekonologi yang sudah usang. 

Kemungkinan bahwa Khadafi memiliki terowongan bawah tanah ada benarnya. Sebelumnya Surat Kabar Inggris Telegraph mengutip keterangan staf Hotel Rixos yang mengatakan bahwa Khadafi bergerak di Tripoli lewat jalan rahasia.

Ini juga dapat dibuktikan saat Khadafi memberikan keterangan pers beberapa bulan lalu di Hotel Rixos. Saat itu Khadafi tidak masuk melakui pintu masuk hotel dan tidak terlihat di lobi atau koridor hotel, yang dipenuhi jurnalis saat.

Bila laporan ini benar adanya, maka pihak oposisi harus bekerja keras membongkar jaringan terowongan bawah tanah yang digunakan Khadafi. Sumber okezone.com