Rabu, 24 Agustus 2011

Belanda Gusur Spanyol di Peringkat FIFA

Setelah menduduki puncak klasmen peringkat FIFA selama lebih dari satu tahun, Spanyol akhirnya ditendang Belanda. Sementara Indonesia mendapat hasil baik. Tim Garuda berhasil naik ke tangga ke-131.

Seperti yang dilansir dari laman resmi FIFA,peningkatan yang dialami Belanda turut dipengaruhi oleh laga persahabatan yang dilakukan Spanyol saat melawan Italia, Kamis (11/8) lalu. Kala itu Spanyol harus mengakui keperkasaan sang tuan rumah Italia, setelah kalah dengan skor tipis 2-1.

Perubahan posisi juga terjadi pada tim-tim asal Amerika Selatan. Brasil harus puas melorot dua tangga ke posisi ke-6, mengekor sang rival di tanah Amerika Selatan, Uruguay di peringkat ke-5. Sementara itu, Argentina mampu menanjak naik, meski hanya satu tingkat. Skuad yang dibela oleh Messi dkk. kini menempati posisi ke-10.

Beberapa tim yang berada di daftar 50 besar menunjukkan peningkatan yang cukup besar. Rusia salah satunya. Tim berjuluk Sbornaya ini meloncat cukup jauh. Mereka berhasil bercokol di peringkat ke-13, setelah sebelumnya harus puas di posisi ke-18. Hal serupa juga terjadi pada timnas Nigeria. Tim berjuluk Super Eagles ini menanjak lima tangga ke posisi ke-38. Peningkatan yang luar biasa terjadi pada tim Aljazair. Tim ini masuk ke daftar 50 besar, setelah mereka naik enam peringkat ke posisi ke-46.

Bagaimana dengan Indonesia? Tim Garuda sendiri mengalami peningkatan yang juga cukup meyakinkan, dengan naik lima peringkat ke tempat ke-131. Terpaut dua tangga dari Singapura dan Vietnam, yang sama-sama memiliki poin sama. Namun, Indonesia masih bisa berlega hati, pasalnya rival lainya di Asia Tenggara, Malaysia hanya mampu berada di tangga ke-146.

*****

Peringkat FIFA (24 Agustus 2011)

1. Belanda
2. Spanyol
3. Jerman
4. Inggris
5. Uruguay
6. Brasil
7. Italia
8. Portugal
9. Argentina
10. Kroasia
-------------
131. Indonesia
sumber: Bolanews.com