Sabtu, 27 Agustus 2011

Pemkab Aceh Besar gagal urus rakyat

ACEH MINUTES] BANDA ACEH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar yang dipimpin oleh Bupati, Bukhari Daud dinilai kalangan sipil gagal dalam menjalankan tugas dan fungsi pemerintahannya selama lima (5) tahun berjalannya pemerintahan. Penilaian ini disampaikan oleh Sirathallah dari elemen sipil Koalisi Kebijakan Partisipatif (KKP).

“Pemerintah Aceh Besar gagal dalam menciptakan kesejahteraan rakyat dan juga melakukan perbaikan terhadap pelayanan publik di Aceh Besar, ” tegasnya sore ini.

Selain itu pihaknya juga menyayangkan sikap Bupati Aceh Besar tersebut yang tidak hadir dalam rapat paripurna penyampaian laporan kerja pertanggungjawaban didepan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) tanpa ada berita mengenai alasan ketidakhadirannya dengan jelas Sirathallah.

“Bupati seperti apa ini, seharusnya tugas-tugas yang terkait dengan tanggungjawab daerah dan terhadap masyarakat harus dinomorsatukan, bukan justru memilih pergi dengan sesuatu alasan yang tidak jelas” tandasnya.

Ditambahkan, selama ini program-program pemerintah yang digagas oleh Bupati dan aparaturnya belum memperlihatkan semangat partisipasi masyarakat dalam berbagai proses dari tahapan perencanaan hingga ke proses penganggaran, sehingga terkadang banyak sekali program-program yang tidak menyentuh langsung persoalan dan kebutuhan masyarakat.

“Bahkan kami menemukan beberapa fakta bahwa sebagian besar program yang dicanangkan oleh Bupati adalah program-program titipan, bukan murni aspirasi dan kehendak masyakakat” pungkasnya.(waspadaonline)