Sabtu, 27 Agustus 2011

Arus mudik Banda Aceh pada H-2 Lebaran

ACEH MINUTES] BANDA ACEH - Arus mudik Idul Fitri 1432 Hijriyah dari Banda Aceh tujuan berbagai kabupaten/kota di Provinsi Aceh diperkirakan mulai padat pada H-2 lebaran.

"Kami perkirakan arus mudik tujuan berbagai kabupaten/kota di provinsi Aceh akan mengalami kepadatan di terminal Batoh pada H-2 lebaran Idul Fitri atau bertepatan dengan hari minggu (28 Agustus 2011)," kata Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal di Banda Aceh malam ini.

Didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasidan Informatika (Dishubkominfo) Kota Banda Aceh, Muzakir Tuloet, ia juga mengatakan sejak H-7 lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah dari terminal terpadu Batoh setiap hari diberangkatkan 80 hingga 90 armada angkutan L300 antar kota dalam provinsi.

"Kami juga telah menyediakan 20 unit bus Damri untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah," katanya. Salah seorang sopir L300 tujuan pantai Barat Selatan Aceh, Suriadi (34) juga memperkirakan kepadatan penumpang akan mengalami kenaikan sejak H-3 dan H-2 lebaran.

"Untuk H-2 dari Banda Aceh tujuan Aceh Selatan hampir seluruh armada sudah ada yang pesan," katanya. Kepala Dishubkominfo Banda Aceh, Muzakir Tuloet mengatakan untuk pemudik yang menggunakan bus antara kota antar provinsi mulai terlihat ramai sejak H-5 Lebaran atau Kamis (25/8) malam.

"Pemerintah Kota Banda Aceh bersama para pengusaha angkutan telah menyiapkan 242 bus untuk arus mudik dan balik lebaran 1432 Hijriah," katanya. Setiap hari jumlah bus antar kota antar provinsi tujuan Medan hingga pulau Jawa yang diberangkatkan dari terminal terpadu Batoh mencapai 40 unit.(waspadaonline)