Sabtu, 27 Agustus 2011

Dishubkomintel siagakan 68 ribu kursi

ACEH MINUTES] BANDA ACEH - Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika (Dishubkomintel) Provinsi Aceh menyiagakan armada bus sebanyak 3.675 unit berkapasitas 68.395 temapt duduk untuk angkutan mudik Idul Fitri 1432 Hijriah.

Kabid Perhubungan Darat Dishubkomintel Aceh, Andi Fiardi di Banda Aceh, mengatakan, seluruh kursi (seat) yang disiagakan tersebut merupakan salah satu upaya antisipasi untuk menghadapi lonjakan penumpang mudik lebaran di Aceh hingga H-1.

Disebutkannya, Dishubkomintel Aceh menyiagakan sebanyak 3.675 armada untuk mudik, terdiri dari angkutan kota antarprovinsi (AKAP) sebanyak 528 armada dengan 21.120 tempat duduk dan angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 3.147 armada dengan jumlah temat duduk 47.275 kursi.

"Kami pastikan seluruh seat yang tersedia di seluruh armada mudik lebaran Idul Fitri 1432 Hirjiah itu cukup untuk mengangkut seluruh pemudik yang ingin pulang kampung di Aceh," katanya hari ini.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyiagakan 35 unit armada lainnya yang terdiri dari AKAP 25 unit dan Damri 10 unit sebagai cadangan antisipasi jika seluruh seat yang ada tersebut telah terisi semua.

"Ini merupakan langkah antisipasi sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang akan berhari raya bersama keluarga di kampung halaman," katanya.

Andi memperkirakan ada sekitar 1.250 kursi cadangan yang disiagakan untuk antispasi lonjakan penumpang mudik lebaran di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu.

Pihaknya berharap seluruh warga yang akan mudik Lebaran untuk menggunakan angkutan resmi yang telah disiagakan oleh Dishubkomintel untuk mengangkut para pemudik pada Lebaran Idul Fitri.

"Kami tidak bertanggungjawab dengan pemudik yang menggunakan mobil berplat hitam yang mengangkut penumpang mudik," demikian Andi.(waspadaonline)