Kamis, 25 Agustus 2011

Puncak Mudik Angkutan Udara H-1, Arus Balik H+4

ACEH MINUTES] JAKARTA - Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik dengan angkutan udara terjadi pada H-1 menjelang lebaran. Sedangkan puncak arus balik pada hari keempat setelah lebaran.

"Arus mudik menggunakan moda transportasi udara akan mencapai puncak pada H-1 dan arus balik pada H+4," tutur Direktur Kelaikan Udara Ditjen Hubungan Udara Kementerian Perhubungan, Yurlis Hasibuan, saat Konferensi Pers Persiapan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2011 di Hotel Milennium, Jalan AR Fachruddin 3, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2011).

Kemenhub juga akan memantau tarif angkutan udara. Ia mengimbau maskapai penerbangan untuk memasang harga yang masuk akal.

"Soal tarif kita terus memantau. Kita sudah meminta kepada maskapai untuk memasang harga tidak melewati batas atas. Sosialisasi tarif juga kita minta untuk lebih transparan, dengan memasang harga tiket di depan loket penjualan di bandara," tambah Kasubdit Sistem Informasi dan Pelayanan Udara Ditjen Hubungan Udara, Kementerian Perhubungan, J. Puspachinta pada kesempatan yang sama.

Persiapan yang dilakukan Kemenhub adalah pembuatan posko di beberapa bandara dan pengecekan kelaikan pesawat. Akan ada beberapa bandara yang akan dioperasikan 24 jam untuk mengantisipasi kenaikan penumpang yang signifikan, akibat adanya penerbangan ekstra.

"Kesiapan fasilitas landasan dan listrik sudah bisa dipenuhi, ada 24 bandara yang diperkirakan akan melonjak penumpangnya. Bandara yang akan dioperasikan 24 jam antara lain; Hang Nadim di Batam, Sepinggan di Balikpapan, Sam Ratulangi di Manado, Juanda di Surabaya, dan tentu Soekarno-Hatta," terang Direktur Bandar Udara Dirjen Hubungan Udara Kementerian Perhubungan, Bambang Tjahyono.
sumber: detik.com