Kamis, 25 Agustus 2011

Tiket Kadaluarsa, 7 Penumpang KA Diturunkan Paksa di Semarang

ACEH MINUTES] SEMARANG - Tujuh penumpang dari beberapa kereta bisnis dan eksekutif diturunkan paksa di Stasiun Tawang Semarang karena kedapatan menggunakan tiket kadaluarsa. Hukumannya, mereka diharuskan membeli tiket plus dikenakan denda.

Pemeriksaan dilakukan petugas gabungan saat kereta transit di Stasiun Tawang Semarang, Rabu (24/8/2011) malam. Baik kereta tujuan Jakarta maupun Surabaya dicek. Hasilnya, tujuh orang diketahui tak bertiket resmi.

"Tiket mereka kadaluarsa, digunakan sebulan lalu," kata Wakil Kepala Stasiun Tawang Totok Supriyanto.

Totok menjelaskan, ke-7 orang tersebut merupakan penumpang beberapa kereta. Salah satunya berasal dari KA Gumarang Jurusan Surabaya-Jakarta. Meski sempat bernegosiasi alot, petugas tidak bisa menolerir kesalahan itu.

Apa pun alasannya, lanjut Totok, penumpang harus mempunyai tiket sebelum naik atau melanjutkan perjalanan. Sebab itu, petugas meminta penumpang 'nakal' turun dan membeli tiket plus denda. Jika tidak, mereka tak akan diizinkan naik kereta.

"Pemeriksaan akan terus dilakukan. Ini demi keamanan dan kenyamanan," katanya.

Berdasarkan data, kereta yang transit, berangkat, dan pergi dari Stasiun Tawang pada malam hari diantaranya Gumarang (Surabaya-Jakarta), Senja Utama (Semarang-Jakarta), Harina (Semarang-Bandung), Bangunkarta (Jakarta-Jombang), dan Sembrani (Surabaya-Jakarta).
sumber: detik.com