Kamis, 25 Agustus 2011

Satelit Temukan 8 Kuburan Massal di Sudan

ACEH MINUTES] NAIROBI- Sebuah kelompok monitoring asal Amerika Serikat mengatakan bahwa gambar dari satelit menemukan keberadaan dua lagi kuburan massal di Sudan menyebabkan jumlah total kuburan massal menjadi delapan. 

The Satellite Sentinel Project yang didukung oleh aktor sekaligus aktivis Sudan George Clooney mengatakan bahwa saksi mata mengaku melihat digalinya kuburan massal di wilayah Kadugli, Kordofan Selatan. Pekerja dari Bulan Sabit Merak Sudan juga hadir dalam penguburan tersebut. 

Kelompok tersebut tidak menyebut jumlah jenazah yang diperkirakan dikubur di kuburan massal tersebut karena penelitian ke lapangan harus dilakukan. 

Kordofan Selatan terletak di perbatasan antara Sudan Selatan dan Sudah serta merupakan lokasi bentrokan antara pasukan dari Sudan dengan Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan yang mengantarkan Sudan Selatan ke kemerdekaan. 

Laporan dari Badan HAM PBB di Jenewa menuding militer Sudan melancarkan serangan udara membabi buta ke Kordofan Selatan yang menewaskan warga sipil beberapa pekan sebelum Sudan Selatan meraih kemerdekaan pada 9 Juli. Badan HAM PBB itu juga menuding pasukan Sudan mengeksuksi tawanan yang dituding terlibat dalam Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan.Sumber Media indonesia