Kamis, 25 Agustus 2011

Ribuan Pemudik Banjiri Stasiun Tawang Semarang

ACEH MINUTES] SEMARANG - H-6 Lebaran, Stasiun Tawang Semarang mulai dibanjiri pemudik. Dibanding tahun lalu pada periode yang sama, jumlahnya meningkat 15 persen.

Berdasarkan data di Posko Mudik Stasiun Tawang Semarang, hingga saat ini, pemudik yang datang ke Semarang menggunakan kereta api, baik ekonomi maupun bisnis dan eksekutif, berjumlah 4.043 orang. Sementara yang berangkat, kurang lebih 2.500 orang.

Para penumpang ini berasal dari berbagai kereta yang transit atau berangkat dari Semarang, seperti Gumarang (Surabaya-Jakarta), Senja Utama (Semarang-Jakarta), Harina (Semarang-Bandung), Bangunkarta Ekspres (Jakarta-Jombang), dan Sembrani (Surabaya-Jakarta), Argo Sindoro (Semarang-Jakarta), dan Argo Muria (Semarang-Jakarta).

"Jumlah tersebut meningkat 15% dibandingkan pada Lebaran tahun lalu pada periode yang sama," kata Wakil Kepala Stasiun Tawang, Totok Supriyanto, Rabu (24/4/2011) malam.

Untuk kenyamanan penumpang, pihak stasiun mengatur kuli panggul. Saat kereta baru berhenti, petugas gabungan, dari PT KA, kepolisian, dan TNI kerap kali harus turun tangan begitu mengetahui kuli panggul berebutan mencari penumpang yang membutuhkan jasa.

"Mereka (kuli panggul) kita beri pemahaman agar tidak berebut atau memaksa penumpang," kata Totok.

Sementara, untuk keamanan, pihak stasiun bekerja sama dengan kepolisian melakukan penjagaan. Mereka siaga di posko untuk mengantisipasi hal-hal buruk selama mudik dan arus balik berlangsung.
sumber: detik.com