Jumat, 09 September 2011

Xavi: Guardiola Lebih Baik dari Ferguson

Getty Images
BARCELONA | ACEH MINUTES - Dua pelatih papan atas Josep Guardiola dan Sir Alex Ferguson sering dibanding-bandingkan terkait siapa yang terbaik di dunia. Xavi Hernandez menilai kalau bosnya, Guardiola lebih baik dari Fergie.

Kehebatan Guardiola membesut Barcelona tidak perlu disangsikan lagi. Sampai saat ini pelatih yang akrab disapa Pep itu sudah meraih 12 gelar juara sejak tiga tahun lalu menukangi Barca.

Berkat Guardiola pula, Barcelona kini mendominasi Spanyol dan Eropa. Dengan skuad yang dimiliki, Los Azulgrana diyakini masih akan berjaya dalam beberapa tahun mendatang di bawah asuhan pelatih berusia 40 tahun itu.

Di sisi lain, Ferguson sudah hampir seperempat abad membesut Manchester United. Selama kurun waktu itu, ia berhasil membangun MU menjadi klub terbesar di Inggris dan melahirkan banyak pemain bintang.

Sampai sekarang Fergie sudah meraih total 37 gelar bersama MU. Dengan usia yang hampir mendekati 70 tahun, pelatih Skotlandia ini masih bergairah untuk terus mendampingi timnya. 

Meski demikian, Xavi tetap menilai kalau manajernya sendiri Guardiola masih lebih hebat ketimbang Ferguson. Menurut dia, sosok Pep adalah kunci keberhasilan Barca selama ini.

"Menurut pendapatku dia (Guardiola) adalah pelatih terbaik di dunia. Ada sedikit keraguanku tentang itu. Dia sudah merevolusi sepakbola dan telah menambah segala sesuatu yang klub ini butuhkan," ujar pemain Spanyol ini kepada Sport yang dikutip Givemefootball.

"Tim ini bisa mendapai banyak hal di bawah Pep dan kami semua menerima keputusannya. Tidak ada yang menanyakan ketika dia mencadangkan (Sergio) Busquets di Piala Super Eropa. Kami semua punya momen di mana kami tidak bermain. Bahkan Messi sekalipun tidak bisa selalu bermain."(detik.com)