Jumat, 09 September 2011

Kapal Perang Turki Siap Kawal Armada Bantuan ke Gaza

Foto : Kapal perang Turki (BBC)
KAIRO | ACEH MINUTES - Turki menyatakan, kapal perangnya akan mengawal armada bantuan ke Gaza. Turki juga tidak membiarkan adanya penyerangan terhadap kapal bantuannya seperti pada 2010 lalu, di mana pasukan Israel menyerang kapal Mavi Marmara dan menewaskan sembilan relawan Turki.

"Kapal perang Turki telah diberikan mandat untuk melindungi seluruh kapal-kapal Turki yang membawa bantuan kemanusia ke Gaza, dan mulai saat ini, kami tidak akan membiarkan kapal bantuan kami diserang oleh israel," ujar Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, seperti dikutip Reuters, Jumat (9/9/2011).

Turki tampak serius dalam merespons tindakan Israel yang tidak mau meminta maaf atas serangannya pada kapal Mavi Marmara pada 2010 lalu. Turki juga mulai turun tangan untuk menghentikan sikap unilateral Israel yang mengeksploitasi sumber daya alam di Laut Mediterania.

Menanggapi pernyataan Erdogan, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Israel Yigal Palmor hanya menyatakan, perkataan Erdogan tidak patut untuk dikomentari.

Hubungan Turki dan Israel yang merupakan mitra Amerika Serikat tampak semakin memburuk dari hari ke hari. Turki juga tampak tidak ingin memperbaiki hubungannya dengan Israel dan berjanji akan menambah patroli lautnya di Laut Mediterania. 

Turki sebelumnya mendesak agar Israel meminta maaf atas serangannya terhadap kapal Mavi Marmara dan berjanji, dengan permintaan maaf itu, hubungan Turki dan Israel akan dipulihkan, namun Israel tetap tidak mau meminta maaf dan menjustifikasi serangannya ke kapal relawan Turki.

Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki Moon juga sudah mendesak kedua pihak tersebut agar berdamai karena hubungan Israel dan Turki akan berdampak pada proses perdamaian di Timur Tengah.(okezone.com)