Jumat, 09 September 2011

Menlu Israel Siapkan Strategi Melawan Turki

Menlu Israel Avigdor Lieberman (telegraph)
TEL AVIV | ACEH MINUTES- Menteri Luar Negeri Israel tengah bersiap diri untuk melakukan serangan balasan ke Turki yang saat ini tampak melakukan konfrontasi terhadap Israel. Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan saat ini tengah melancarkan kebijakan-kebijakan yang dinilai makin memperburuk hubungan Turki dan Israel.

Israel berencana akan merangkul Armenia yang merupakan rival bersejarah bagi Turki dan akan melobi negara tersebut agar mendesak Turki mengakui pembantaian massal terhadap warga Armenia di era Perang Dunia Pertama.

Menteri Luar Negeri Turki Avigdor Lieberman juga akan bertemu dengan pemberontak Kurdi di Eropa untuk bekerja sama dengan dan mendukungnya di berbagai wilayah.

"Kami akan buktikan pada Erdogan, bermain-main dengan Israel akan berakibat serius, Turki lebih baik memperlakukan kami dengan hormat dan sopan," ujar Lieberman, seperti dikutip Maan, Jumat (9/9/2011).

Israel tampak melakukan apa yang dilakukan juga oleh Turki. Turki sebelumnya juga berkunjung ke Mesir yang akhir-akhir ini berseteru dengan Israel. Turki bahkan mengadakan perjanjian pertahanan dengan negara tersebut, selain itu Turki juga berencana akan pergi ke Gaza.

Kunjungan Turki ke Gaza dinilai akan semakin memperburuk hubungannya dengan Israel karena akses masuk ke Gaza harus melalui izin Israel. Turki juga menyatakan dukungannya terhadap pejuang Hamas yang merupakan musuh Israel. Turki tidak menganggap Hamas adalah kelompok teroris, Turki menganggap Hamas selayaknya pejuang yang hendak membebaskan diri dari kolonialisme. (okezone.com)