Minggu, 28 Agustus 2011

Liverpool Tundukkan Bolton 3-1

ACEH MINUTES] LIVERPOOL- Kemenangan meyakinkan diraih Liverpool di kandang sendiri, Anfield, Minggu (28/8/2011) dinihari WIB. Menjamu Bolton Wanderers, The Reds menuntaskan laga dengan keunggulan 3-1 dan sementara memuncaki klasemen.

Tambahan tiga poin dari kemenangan ini sementara mendongkrak posisi Liverpool ke posisi teratas klasemen dengan poin tujuh dan keunggulan selisih gol atas Chelsea. Namun begitu posisi Si Merah masih mungkin turun terkait laga Manchester United vs Arsenal malam nanti.

Skuad besutan Kenny Dalglish tampil dominan hampir di sepanjang laga. Dan keunggulan tersebut berhasil dikonversi menjadi gol yang masing-masing datang dari Jordan Henderson (15), Martin Skrtel (52) dan Charlie Adam (53).

Sementara satu-satunya gol Bolton dilesakkan Ivan Klasnic di masa injury time.

Jalannya Pertandingan

Tampil lebih dominan, Liverpool baru mengkreasikan peluang pertamanya di menit delapan melalui Stewart Downing. Hanya kesigapan Paul Robinson saja yang melalukan tekel untuk menghindarkan Downing mencetak gol usai melakukan sprint menusuk ke kotak penalti.

Di menit 15 Liverpool membuka keunggulan melalui Jordan Henderson. Gol tersebut bermula dari umpan cantik yang dilepaskan Luis Suarez dari sisi kiri dan langsung disambar Downing dengan tendangan first time namun bisa ditepis dengan sangat baik oleh kiper Jaaskelainen.

Bola kemudian jatu ke kaki Dirk Kuyt yang langsung mengopernya pada Henderson. Tendangan Henderson dari dalam kotak penalti mengarah ke sudut atas gawang dan membuat tuan rumah unggul 1-0.

Liverpool punya peluang lain saat Suarez gagal mengendalikan bola dengan sempurna usai menerima umpan jauh di kotak penalti. Sementara upaya Kuyt menjatuhkan diri di muka gawang demi bisa menyambar umpan tarik juga terlambat sepersekian detik.

Suarez tinggal berhadap-hadapan dengan Jaaskelainen saat mendapat umpan terobosan dari Henderson di menit 25. Namun skor tak berubah dari momen itu karena bola yang dicungkil Suarez hanya menyasar jala gawang bagian atas.

Dominasi Liverpool tak berkurang di babak kedua. Dan hasil dari kondisi tersebut adalah gol kedua yang dibuat Skrtel. Dari skenario tendangan sudut, Skrtel telepas dari pengawasan bek lawan dan menanduk bola dengan kekuatan penuh untuk mengubah skor jadi 2-0.

Dan Liverpool hanya butuh waktu satu menit untuk memperbesar keunggulan. Tendangan Adam dari luar kotak penalti mengarah ke tiang jauh tak sampai dijangkau Jaaskelainen.

Di menit-menit berikutnya 'Si Merah' masih terus menekan pertahanan tamunya. Beberapa kesempatan tercipta, meski tak satupun yang bisa berujung gol tambahan. Masuknya Andy Carroll di pertengahan babak kedua tak mengubah kondisi tersebut.

Gawang Liverpool malah bobol di menit-menit akhir laga. Memanfaatkan kesalahan Jamie Carragher, Petrov berhasil menggiring bola ke dalam kotak penalti. Carra kemudian berhasil membuang bola dari penguasaan Petrov, namun si kulit bundar malah jatuh ke kaki Klasnic yang sepakannya gagal dihalau Pepe Reina.

Susunan Pemain

Liverpool: Pepe Reina, Daniel Agger, Jamie Carragher, José Enrique, Martin Kelly (Martin Skrtel '30), Charlie Adam, Lucas, Stewart Downing, Jordan Henderson (Maxi Rodríguez '77), Luis Suárez (Carroll '77), Dirk Kuyt

Bolton: Jussi Jaaskelainen, Zat Knight, Gary Cahill, Paul Robinson, Gretar Rafn Steinsson, Fabrice Muamba (Mark Davies '26), Nigel Reo-Coker, Martin Petrov, Chris Eagles (Tuncay Sanli '57), Ivan Klasnic, Kevin Davies (Darren Pratley '71) (detik.com)