Minggu, 28 Agustus 2011

64 Pasukan AS Tewas di Afghanistan

ACEH MINUTES] KANDAHAR - Pihak militan Taliban Mengklaim berhasil menewaskan 64 Pasukan Amerika Serikat (AS) dalam dua serangan bom di Afghanistan. Serangan bom itu dikabarkan terjadi di Kandahar pada Sabtu 27 Agustus kemarin.

Berdasarkan laporang, serangan pertama menyebabkan 36 pasukan AS tewas diterjang bom. Sementara pada serangan bom kedua 28 pasukan dipastikan tewas. Demikian diberitakan ABNA, Minggu (28/8/2011).

Hingga saat ini beluma ada konfirmasi dari pihak AS. Bisa jadi klaim Taliban ini hanyalah bualan semata. Bila memang benar terjadi, maka insiden ini merupakan korban terbesar yang pernah diderita oleh pasukan AS selama di Afghanistan.

Sebelumnya 7 Agustus lalu sebuah helikopter militer Amerika Serikat (AS) jatuh di wilayah Pronvisi Wardak. Helikopter itu dikabarkan masuk ke perangkap yang telah disiapkan oleh Taliban. 

Sebanyak 38 orang dikabarkan tewas dalam kecelakaan helikopter tersebut. 30 diantaranya adalah pasukan AS yang diantara terdapat anggota Angkatan Laut AS yang terlibat dalam operasi militer yang menewaskan Osama bin Laden di Pakistan 2 Mei lalu.

Seorang komandan Taliban mengklaim pihaknya berhasil mendorong pasukan AS ke perangkap dengan mengatakan ada pertemuan militan Taliban di lokasi jatuhnya helikopter di Provinsi Wardak.

Tak disangka helikopter berjenis Chinook tersebut justru masuk dalam perangkap Taliban. Seketika, kelompok Taliban pun memberondong helikopter tersebut dengan peluru dan roket untuk menjatuhkan helikopter nahas ini.(okezone.com)