Selasa, 23 Agustus 2011

RFEF Investigasi Aksi Colok Mata oleh Mourinho

MADRID - Federasi sepakbola Spanyol (RFEF) melakukan investigasi terhadap kasus colok mata yang dilakukan Jose Mourinho di Piala Super Spanyol. Jika terbukti bersalah, Mou bisa kena sanksi empat hingga 12 pertandingan.

Aksi yang dilakukan The Special One itu terjadi ketika laga Super Copa di Camp Nou 17 Agustus silam memasuki menit akhir pertandingan. Ketika terlibat keributan antar pemain, pelatih Real Madrid itu ikut mendekat ke kerumunan pemain dan mencolok mata dari asisten pelatih Barcelona Tito Villanova.

Mourinho sendiri menolak untuk minta maaf atas aksi colok mata tersebut. Sementara Barcelona, juga tak berencana mengadukan Madrid terkait keributan yang terjadi.

Namun begitu federasi sepakbola Spanyol (RFEF) memutuskan lain. Mereka membuka investigasi untuk kasus ini. Bukan hanya Mou, namun Villanova yang kemudian bereaksi dengan mendorong bagian belakang kepala Mourinho, juga diperiksa.

"Mempertimbangkan gambar yang dikirim dari area pers, komite pengawas pertandingan berdasarkan artikel 22.1 dari kode disiplin RFEF, maka kami memutuskan untuk melakukan investigasi kepada Jose Dos Santos Mourinho Felix, atas tindakannya yang bertentangan dengan artikel 98 dan/atau artikel 100 Kode Disiplin RFEF," demikian keterangan RFEF di situs resminya, Selasa (23/8/2011).

"Proses pemeriksaan terhadap Francisco Vilanova Bayo, atas tindakan dia yang melanggar dari aturan yang tertera di artikel 111 dan/atau artiker 122 dari Kode Disiplin RFEF."

Dilansir dari Houston Chronicle, bila terbukti bersalah maka Mourinho bisa mendapatkan larangan mendampingi tim di pinggir lapangan selama empat hingga 12 pertandingan. Sementara untuk Vilanova bisa kena sanksi suspensi selama empat pertandingan.

Sementara itu tiga pemain yang menerima kartu merah dalam laga tersebut yakni Mesut Oezil, Marcelo, dan David Villa, mendapat sanksi larangan tampil satu pertandingan oleh RFEF.
sumber: detik.com