Senin, 22 Agustus 2011

Mobil VW untuk Perkotaan Garapan Desainer Indonesia

img
Frankfurt - Setelah hampir 3 tahun lebih didesain di papan gambar, versi produksi dari mobil imut Volkswagen Up! akhirnya muncul juga. Mobil ini dirancang oleh desainer VW dari Indonesia yakni Chris Lesmana.

Chris menggarap Up! bersama dengan Klaus Bischoff, dan Marco Antonio
Pavone. Desain patennya terdaftar di Amerika Serikat pada 2008 lalu.

"Jika tujuannya untuk memaksimalkan ruang, maka bentuk ideal untuk mobil kecil adalah kotak. Di Up, kita bisa mendesain sebuah mobil berbentuk kotak namun dengan desain rapi yang tidak menghilangkan utilisasi ruangnya," ujar Klaus Bischoff, Head of Design Volkswagen Brand.

Jika dilihat dari ukurannya yang memiliki panjang sekitar 3,54 meter, lebih kecil dari MINI. Seperti dilansir autoevolution, Senin (22/8/2011) mobil ini lebih cocok bersaing dengan mobil Fiat 500.
Volkswagen Up!

VW membutuhkan waktu cukup lama untuk menampilkan Up! versi produksi karena mereka mempertimbangkan sesuatu yang revolusioner namun tetap efisien dari sisi biaya.

Mobil ini memiliki mesin yang ditempatkan di bagian belakang, roda-rodanya pun dipasang hampir berdekatan dengan ujung mobil sehingga cocok untuk bermanuver di jalanan perkotaan yang macet dan sempit.

Mesinnya pun kecil yakni cukup 1.000 cc dengan 3 silinder. Mesin ini memiliki daya sekitar 60 hp atau 75 hp.

Mobil ini diyakini bakal berada di showroom Eropa pada akhir Desember 2011. Nantinya mobil ini akan tersedia versi LPG dan listriknya pada tahun 2013 nanti.

sumber: detik.com