Senin, 22 Agustus 2011

Demokrat Gunakan Setgab untuk Loloskan 4 Capim KPK Ranking Teratas

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima usulan ranking yang diberikan pansel KPK untuk diprioritaskan. Partai Demokrat pun akan mengikuti anjuran Presiden SBY, melobi Setgab koalisi untuk meloloskan empat calon pimpinan KPK urusan teratas.

"Pansel kan sudah punya banyak penilaian dari berbagai aspek. Berdasarkan penilaian itu tentu Pansel membuat ranking, itulah ranking yang ada dan itu harus menjadi prioritas," tutur Sekretaris FPD DPR, Saan Mustopa, kepada detikcom, Senin (22/8/2011).

Karena itu sudah pasti PD akan memilih empat calon pimpinan KPK pada posisi teratas. "Jadi empat teratas itu yang diprioritaskan untuk dipilih menjadi pimpinan KPK," tuturnya.

PD juga berharap partai koalisi berpandangan sama. PD akan memasukkan agenda pembahasan mengenai calon pimpinan KPK dalam agenda Setgab kaolisi setelah Lebaran nanti.

"Komisi III akan melakukan fit and proper test. Kita akan mengupayakan berbagai upaya di koalisi untuk menyamakan persepsi, kita akan upayakan koalisi untuk bertemu membicarakan tantangan kebutuhan KPK ke depan seperti apa. Kami akan usahakan ada kesepakatan di Setgab," tutur Saan.

Ia yakin sekali empat pimpinan KPK dengan ranking teratas sudah melalui tahap seleksi yang berat. Sehingga mampu membawa KPK menjadi lembaga pemberantas korupsi yang tangguh.

"Sehingga pimpinan KPK yang dipilih ke depan sesuai dengan upaya pemberantasan korupsi," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan Presiden SBY menerima usulan ranking yang diberikan pansel KPK. Usulan ranking calon pimpinan KPK tersebut dinilai sebagai rambu moral untuk prioritas penomoran.

"Jadi ya itu kalau menurut presiden, disebut sebagai rambu moral untuk prioritas penomoran," kata juru bicara kepresidenan Julian A Pasha di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (22/8/2011).
sumber: detik.com