Selasa, 20 September 2011

City Akan Saingi Akademi Sepak Bola Ajax dan Barca

ACEH MINUTES | Agar bisa menghasilkan pemain-pemain lokal yang berkualitas, Manchester City berencana mendirikan akademi sepak bola yang baru. Proyek tersebut akan dimulai bulan Desember mendatang.

Tampaknya City berkaca pada Ajax Amsterdam dan Barcelona yang mampu menelurkan pemain-pemain berkualitas melalui akademi sepak bolanya. Walhasil, agar lebih meningkatkan talenta pemuda Inggris, City akan membangun ulang sekolah sepak bola yang mereka miliki.

Sang pemilik klub, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, dikabarkan bakal menggelontorkan dana sebesar 100 juta poundsterling untuk pembangunan akademi bernama Etihad Campus. Lahan sekitar 80 hektar di timur Kota Manchester akan menjadi bagian dari Etihad Campus dan pembangunan diperkirakan memakan waktu tiga sampai empat tahun.

Dengan dibangunnya akademi tersebut, tempat latihan skuad utama The Citizen pun akan dipindahkan. Jika mereka bisanya berlatih di Carrington, kini Vincent Kompany dkk. akan beralih ke fasilitas baru yang letaknya tidak jauh dari tempat latihan yang lama.

Kepala Operasional City, Brian Marwood, mengungkapkan bahwa pembangunan Etihad Campus juga terinspirasi oleh Ryan Giggs. 24 tahun silam, winger veteran Manchester United itu menimba ilmu di sekolah sepak bola Manchester City, dan Setan Merah merekrutnya di tahun 1990. Giggs pun berkembang menjadi pemain hebat selama merumput di Old Trafford.

Jadi, dengan dibangunnya Etihad Campus, Marwood berharap The Citizen mampu menghasilkan pemain berbakat seperti Giggs. "United telah membeli beberapa bakat dari berbagai klub. Contohnya, Ryan Giggs. Dia berada di akademi kami dan berakhir di MU. Jadi, ada sesuatu yang tidak beres," ujar Marwood seperti dilansir Daily Mail.

"Saya menemukan statistik mengenai pengembangan bakat pemain muda. Dan, saya pikir jika Anda melihat daerah sekitar City, ada bakat di sana," lanjutnya.

Ini merupakan kesepakatan ketiga antara Man. City dan perusahaan Etihad sejak menjalin kerjasama beberapa bulan lalu. Yang pertama, maskapai penerbangan dari Abu Dhabi itu mengambil alih sponsor utama kaos resmi. Kedua, mereka mengubah nama stadion City of Manchester menjadi Etihad Stadium.(bolanews.com)