Jumat, 23 September 2011

'Simbiosis Mutualisme' Xavi-Fabregas

BARCELONA | ACEH MINUTES - Di awal kedatangannya, banyak yang memprediksi jika Cesc Fabregas hanya akan jadi pelapis Xavi Hernandez. Tapi kini Xavi mengaku jika keberadaan Fabregas justru mempermudah kerjanya di lapangan.

Dengan posisi Xavi dan Fabregas yang nyaris setipe, sulit tentunya bagi Fabregas untuk menggeser posisi seniornya itu dari tim inti Pep Guardiola. Apalagi performa Xavi masih prima meskipun sudah berumur 31 tahun.

Tapi kenyataannya Fabregas justru tampil lebih menonjol ketimbang Xavi kalau boleh dibilang. Sudah lima gol dicetak eks kapten Arsenal itu dari tujuh penampilan dan empat assist pun sudah disumbangkannya.

Sepertinya tak butuh waktu lama bagi Fabregas untuk beradaptasi dan Xavi menilai hadirnya Fabregas membuat tugasnya tak lagi berat sebagai jenderal lini tengah. Fabregas menunjukkan jika ia bukan sekadar suksesor Xavi, tapi juga bisa jadi partner yang baik.

"Kami sangat nyaman bermain bersama di lapangan. Saya pikir kami saling melengkapi satu sama lain dengan baik," aku Xavi seperti dilansir Reuters.

"Jika ia maju ke depan, saya tetap di belakangnya dan mengcover-nya atau sebaliknya. Kami telah sering memperlihatkannya musim ini. Saya pikir Cesc meningkatkan kemampuan bermain bola saya," simpulnya.

Dengan masih cederanya Andres Iniesta selama sebulan, maka aksi Xavi-Fabregas bakal masih sering dilihat bersamaan. (detik.com)