Senin, 19 September 2011

[ACEH] Kapolda Bertemu Zaini

BANDA ACEH | ACEH MINUTES - Kapolda Aceh Irjen Iskandar Hasan, Minggu (18/8) bertemu dengan bakal calon gubernur Aceh dari Partai Aceh (PA), Dr Zaini Abdullah serta sejumlah petinggi PA dan Komite Peralihan Aceh (KPA) di Kabupaten Pidie. Belum diperoleh konfirmasi dari pihak Polda Aceh apa saja yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

Laporan yang diperoleh Serambi dari Staf Khusus Wali Nanggroe (WN), Muzakkir bin Abdul Hamid menyebutkan, silaturahmi dengan Dr Zaini Abdullah berlangsung di kampung halaman Dr Zaini, Gampong Teureubue, Kecamatan Mutiara, Pidie. “Kapolda datang bersama istri dan Kapolres Pidie. Rombongan kira-kira berjumlah lima mobil,” kata Muzakkir.

Rombongan Kapolda, kata dia, disambut oleh Zaini Abdullah dan istrinya, Wakil Ketua KPA/PA Pusat Kamaruddin Abubakar, Muzakkir Hamid, serta sejumlah petinggi PA/KPA.

Menurut Muzakkir, kedatangan Kapolda ini murni untuk silaturahmi karena kedua pihak sudah saling kenal cukup dekat. Muzakkir mengakui memang ada beberapa poin pembicaraan tentang situasi dan kondisi Aceh dalam beberapa waktu terakhir, khususnya masalah keamanan menjelang pilkada yang akan datang.

Namun, Muzakkir menolak menceritakan secara detil isi pembicaraan, karena menurutnya itu bukan kewenangan pihaknya, melainkan harus dikonfirmasikan kepada pihak Polda Aceh. “Intinya, beliau (Kapolda) mengharapkan perdamaian yang sudah ada di Aceh sejak lahirnya MoU dan UUPA, hendaknya dapat dijaga bersama supaya Aceh tidak dapat lagi diprovokasi oleh siapapun,” kata Muzakkir Hamid.

Setelah makan dan minum di rumah Dr Zaini Abdullah, rombongan Kapolda melanjutkan perjalanan ke rumah petinggi PA/KPA Zakaria Saman di Keumala. “Tapi saya tidak tahu apa materi pembicaraan di Keumala. Karena saya ikut rombongan Dr Zaini yang berjumlah hampir 100 mobil menuju arah timur (Djeunieb/Aceh Utara) yang juga dalam rangka silaturahmi,” ujarnya.

Menurut Muzakkir Hamid, hari ini, rombongan Dr Zaini, termasuk Ketua PA/KPA Muzakir Manaf akan menghadiri acara silaturahmi di Dayah Tgk Matang Keh, Matangkuli, Aceh Utara.(serambinews.com)