Minggu, 21 Agustus 2011

Kontingen Garuda Siaga Penuh di Perbatasan Lebanon-Israel

KAIRO -Komando Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL) telah menginformasikan kepada Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk bersiaga penuh guna menghadapi bahaya ancaman perang di Perbatasan Lebanon-Israel.

"Komandan tertinggi UNIFIL telah menyatakan bahwa status keamanan di wilayah operasi di Lebanon, yang selama ini kuning, dinaikkan menjadi merah," kata Bintara Penerangan Satgas Indo FPC, Nur Kholis, Minggu (21/8) dini hari.


Guna menidaklanjuti informasi tersebut, Komandan Satgas Indo FPC Mayor Inf Henri Mahyudi melalui Pasipam Ops Kapten Inf Eka Wira Darmawan menginstruksikan segera diambilnya langkah guna menyikapi kondisi itu, katanya.


Pasipam Ops segera beraksi membunyikan sirene sebagai alarm stelling, yakni tanda bahaya dibarengi penyampaian instruksi melalui pengeras suara, ujar Nur Kholis.


Dijelaskannya, bunyi alarm tersebut segera ditanggapi oleh seluruh anggota satgas baik yang sedang berdinas aktif maupun yang sedang beristirahat dan segera berada di titik kumpul yang telah ditentukan, lengkap dengan senjata plus perlengkapan pribadi seperlunya sesuai prosedur operasi standar (SOP).


Menurut Nur Kholis, konflik berkepanjangan antara Lebanon dan Israel nampaknya semakin sulit dikendalikan akhir-akhir ini pasca- bentrokan bersenjata kedua pihak beberapa waktu lalu di sepanjang perbatasan.


Suasana mencekam itu terjadi pada hari Sabtu (20/8). Situasi tersebut merupakan skenario persiapan yang dilaksanakan secara terpadu dalam formasi kompi.
sumber: MI.com