Minggu, 21 Agustus 2011

Jusuf Kalla: Stok Darah Menipis

Bandung - Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, menjelang Idul Fitri tahun ini persediaan darah cenderung semakin menipis. "Stok yang kian menipis terutama terjadi di kota-kota besar, seperti Jakarta dan kota-kota besar lain," kata Kalla seusai menghadiri "Presidential Lecture Series" di Aula Barat ITB, Bandung, Sabtu (20/8).

JK menuturkan, penurunan pasokan darah sudah berlangsung sejak awal Ramadan lalu. Itu terjadi akibat menurunnya jumlah pendonor ketika bulan puasa. "Orang-orang cenderung tidak akan mendonorkan darahnya ketika sedang berpuasa. Akibatnya, jumlah pendonor berkurang dan pasokan darah pun menipis," terang JK.


Padahal, lebaran tinggal 10 hari lagi. Dapat dipastikan kebutuhan akan ketersediaan stok darah juga akan meningkat. Oleh karena itu, JK mengimbau pada masyarakat untuk mendonorkan darahnya agar ketersediaan stok darah untuk lebaran tetap aman.


JK meminta agar warga tetap mendonorkan darahnya meskipun dalam bulan Ramadan. "Pendonoran bisa dilakukan pada malam hari, setelah berbuka puasa," kata JK.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, JK telah menginstruksikan seluruh cabang PMI untuk mengadakan kegiatan donor darah pada malam hari, seusai berbuka puasa. "Kami juga mengajak masyarakat nonmuslim untuk lebih banyak mendonorkan darahnya," kata JK.

sumber: metrotvnews.com