Sabtu, 20 Agustus 2011

Dubes Mesir Ditarik dari Israel

Kairo, Pemerintah Mesir telah memutuskan untuk menarik dubesnya dari Israel sebagai protes atas kematian lima polisi Mesir. Kelimanya tewas di perbatasan selama gempuran pesawat Israel terhadap militan-militan Palestina.

"Mesir telah memutuskan untuk menarik dubesnya untuk Israel sampai ada permintaan maaf secara resmi," demikian diberitakan stasiun televisi pemerintah Mesir seperti dilansir AFP, Sabtu (20/8/2011).

Kepala staf militer Mesir, Sami Enan, bertolak ke Sinai pada Jumat, 19 Agustus kemarin untuk menyelidiki kematian kelima polisi tersebut. Saat ini ada kesimpangsiuran mengenai bagaimana kelima polisi Mesir tersebut tewas.

Menurut seorang pejabat militer Mesir kepada kantor berita resmi Mesir, MENA, kelima polisi itu tewas akibat tembakan nyasar helikopter Israel yang diarahkan ke para militan yang sedang dikejar Israel.

Namun pejabat militer Mesir lainnya mengatakan kepada surat kabar pemerintah, Al-Ahram, kelima polisi itu tewas oleh pria-pria bersenjata yang mencoba masuk dari Israel.

Sebelumnya, ratusan orang berdemonstrasi di luar kedutaan besar Israel di Kairo, Mesir untuk menyerukan penarikan dubes. Massa juga mengecam Israel atas serangan yang menewaskan polisi-polisi Mesir itu.
Sumber: detik.com