Kamis, 18 Agustus 2011

Dubes Inggris: Rusuh di London Tak Akan Ganggu Olimpiade 2012

Jakarta - Dubes Inggris Mark Canning yakin rusuh di London tidak akan berpengaruh pada pelaksanaan Olimpiade 2012. Perhelatan akbar olahraga dunia itu dijamin akan berlangsung aman.

"Olimpiade akan berlangsung baik dan keamanan akan terorganisasi dengan baik juga. Jadi kita bisa menikmati," kata Canning yang baru 1 bulan bertugas di Indonesia.

Canning menyampaikan hal tersebut saat menggelar buka puasa bersama di rumah dinasnya di Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2011).

Canning yang pernah menjadi Dubes di Burma dan Zimbabwe ini menjelaskan, rusuh di London itu terjadi karena berbagai sebab. Pelakunya juga dari berbagai kalangan anak muda tidak terbatas pada kaum miskin saja.

"Ya mereka adalah pelaku kriminal. Mereka sudah diproses hukum," terang Canning yang juga pernah bertugas di Jakarta pada 1993-1997 ini.

Dia berharap peristiwa kerusuhan yang mengejutkan banyak pihak itu tidak akan terulang kembali. "Itu adalah pengalaman yang mengejutkan," tutur Canning yang berjanji akan lebih merekatkan hubungan Indonesia dan Inggris ini.
sumber: Kompas