Sabtu, 10 September 2011

Kedubes Israel di Mesir Diserbu Massa, Obama Sangat Prihatin

WASHINGTON | ACEH MINUTES- Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama sangat prihatin atas penyerbuan massa ke gedung Kedubes Israel di Kairo, Mesir. Obama pun menegaskan bahwa pemerintah AS tengah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk meredakan situasi di Kedubes Israel di Mesir.

Hal itu disampaikan Obama dalam percakapan via telepon dengan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu.

"Presiden menyampaikan keprihatinan mendalamnya akan situasi di kedubes dan keamanan warga Israel yang bertugas di sana," demikian pernyataan Gedung Putih seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (10/9/2011).

Obama juga mendesak pemerintah Mesir untuk menghormati kewajiban-kewajiban internasionalnya dan memastikan keselamatan para diplomat dan staf diplomatik Israel dengan tetap menjaga keamanan Kedubes Israel.

Hubungan antara Mesir dan Israel telah dilanda ketegangan sejak 18 Agustus lalu, yakni ketika pasukan Israel menewaskan lima polisi Mesir saat mereka mengejar para militan di sepanjang perbatasan Sinai.

Sejak peristiwa itu, warga Mesir terus melancarkan aksi demo di luar gedung Kedubes Israel di Kairo. Mereka menuntut pengusiran dubes Israel dan mendesak pemerintah Israel meminta maaf atas kematian lima polisi Mesir tersebut.