Sabtu, 10 September 2011

Buntut Kerusuhan, Tentara Mesir Dikerahkan ke Kedubes Israel

KAIROACEH MINUTES - Tentara-tentara Mesir dikerahkan untuk berjaga-jaga di sekitar Kedubes Israel di Kairo menyusul penyerbuan massa yang menewaskan satu orang dan melukai 400-an orang lainnya. Kendaraan-kendaraan militer juga ditempatkan di dekat gedung Kedubes Israel.

Demikian disampaikan pejabat-pejabat Mesir seperti dilansir News.com.au, Sabtu (10/9/2011).

Sebelumnya pada Jumat, 9 September larut malam waktu setempat, sekitar 1.000 warga Mesir berjalan menuju gedung Kedubes Israel di Kairo. Massa kemudian merobohkan tembok pengaman di luar gedung kedubes dan menyerobot masuk ke dalam gedung.

Ribuan lembar dokumen bertuliskan 'rahasia' dilemparkan oleh massa ke jalanan. Sebagian dokumen tersebut ditulis dalam bahasa Arab dan dibubuhi perangko diplomatik Israel dan tampaknya merupakan korespondensi antara pejabat-pejabat Israel dengan mitra sejawat mereka di Mesir.

Dalam aksinya, para demonstran Mesir juga membakar dua truk polisi dan merusak empat kendaraan polisi lainnya di sekitar gedung kedubes. Para polisi antihuru-hara pun dilempari dengan batu. Massa bahkan sempat merebut beberapa helm dan tameng dari polisi. Melihat situasi itu, polisi pun melepaskan gas air mata. Bahkan suara tembakan juga sempat terdengar.

Kemarahan warga Mesir tersebut dipicu oleh tewasnya lima polisi Mesir akibat serangan pasukan Israel bulan lalu saat mengejar para militan di perbatasan Israel-Mesir. Sejak itu para demonstran Mesir terus berdemo di luar gedung Kedubes Israel. Massa menuntut pengusiran dubes Israel dan menginginkan permohonan maaf pemerintah Israel atas kematian lima polisi tersebut.(detik.com)