Jumat, 02 September 2011

Tempe dan wortel langka di pasar

BANDA ACEH | ACEH MINUTES – Terhitung seja H-1 Lebaran hingga ketiga Lebaran Idul Fitri 1432 Hijirah, pasokan tempe dan wortel terhenti total. Akibatnya persediaan dua komoditi tersebut mulai langka di beberapa pasar. “Aneh dimana-mana yang tidak ada tempe dan wortel, kok bisa habis,” kata Suriyati di Pasar Peunayong, siang ini.

Kedua komoditi ini paling dicari-cari ibu rumah tangga untuk persiapan lebaran. Pantauan di sejumlah ibu rumah tangga terlihat agak bingung karena habisnya stock tempe dan wortel ini di Pasar Peunayong salah satu pusat pasar di Kota Banda Aceh.

Zulkifli, salah seorang pedagang jus di Jambo Tape, mengaku heran habisnya stok wortel disejumlah pasar di Kota Banda Aceh. “Saya sudah mencari dimana-mana, Pasar Setui, Pasar Gampong Baro, Pasar Peunayong, stock wortel habis total,” kata Zulkifli.

Edi, warga Lambaro, Aceh Besar yang merupakan salah seorang pedagang sayur di Pasar Peunayong ketika ditemui tadi pagi mengatakan persediaan tempe dan wortel sejak H-2 lebaran sudah mulai berkurang. Namun hingga saat ini pasokan wortel dari Medan belum sampai. Kalau stok tempe, besok atau tiga lebaran sudah mulai ada.

Untuk harga wortel tidak mengalami kenaikan yang berarti. Harganya masih tetap antara Rp6.000 sampai Rp8.000 perkilogram. Sedangkan harga tempe sangat tergantung pada ukuran besar kecilnya. Kalau ukuran kecil dijual Rp1.000 perbatang.(waspadaonline)