Jumat, 02 September 2011

Iran vs Indonesia Dipimpin Wasit Asal Jepang

ACEH MINUTES - Duel Indonesia vs Iran malam ini akan dipimpin oleh wasit asal Jepang, Masaaki Toma. Pria berusia 38 tahun ini menjadi pengadil lapangan saat timnas ditekuk Malaysia di leg I final Piala AFF 2010.

Masaaki menjadi wasit yang sudah malang melintang di Liga Jepang, J League sejak 2008 lalu. Sejak 2009 lalu, pria kelahiran Hirosima, Jepang, 2 Juni 1973 itu sudah memimpin laga internasional sebanyak 6 kali.

Salah satunya adalah saat Inggris menghadapi Meksiko pada duel persahabatan, 25 Mei 2010. Pertandingan ini dimenangkan oleh Three Lions dengan skor 3-1.

Bagi tim Indonesia, sosok Masaaki sudah tidak asing lagi. Pasalnya, Masaaki adalah pengadil lapangan saat Indonesia menyerah 0-3 dari tuan rumah Malaysia pada leg pertama final Piala AFF, Minggu, 26 Desember 2010.

Gol-gol Malaysia dicetak oleh M Safee Sali (61' dan 73') dan Moh Ashari Bin Samsudin (68'). Masaaki sempat menghentikan laga di menit 53 karena fans tuan rumah di Stadion Bukit Jalil, mengganggu timnas dengan sinar laser.

Dalam duel ini, Masaaki memberikan satu kartu kuning kepada pemain Indonesia, Oktovianus Maniani. Sedangkan tuan rumah Malaysia dihadiahi dua kartu kuning, masing-masing atas nama Mahali Bin Jasuli dan Mohd Amirulhadi.

Indonesia gagal merebut gelar juara setelah pada leg kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan hanya menang tipis 2-1. Secara keseluruhan, Indonesia menyerah dengan agregat 2-4 dari Malaysia.

Indonesia akan menghadapi Iran di Stadion Azadi, Teheran, malam ini. Duel ini merupakan penyisihan Grup E babak ketiga Pra Piala Dunia (PPD) 2014 zona Asia. Dalam menjalankan tugasnya, Masaaki akan dibantu dua asisten asal Jepang, Akane Yagi dan Hide Nishio, serta wasit cadangan Chaiya Alee (Thailand) (vivanews)