Kamis, 08 September 2011

Khadafi Dikabarkan Terkepung

TRIPOLI | ACEH MINUTES - Juru bicara pihak Dewan Transisi Nasional Libya (NTC) mengklaim bahwa pihaknya saat ini berhasil mengepung mantan pemimpin Libya Moammar Khadafi. Tetapi tidak dijelaskan dimana Khadafi berada saat ini.

Anis Sharif menolak untuk memberi tahu dimana Khadafi sudah ditemukan, tetapi dirinya memastikan bahwa mantan penguasa Libya itu masih berada di dalam sekitar wilayah Libya.

Penemuan tempat persembunyian Khadafi ini dibantu oleh alat pelacak berteknologi tinggi dan lewat bantuan informasi intelijen. Menurut Sharif, Khadafi terjebak dalam jarak 60 kilometer dari pihak pasukan NTC.

"Dia tidak bisa keluar. Kami saat mempersiapkan untuk menahan atau memutuskan untuk membunuhnya," ucap Anis Sharif seperti dikutip Associated Press, Rabu (7/9/2011).

Penemukan lokasi persembunyian Khadafi tentunya membantu pihak NTC untuk mengumumkan pemerintah baru dibawa kekuasaan mereka. 

Sementara pengumuman penemuan lokasi Khadafi ini berlangsung setelah sebelumnya konvoi yang terdiri dari pasukan loyalis Khadafi dilacak melewati wilayah perbatasan menuju Niger. 

Pihak Dewan Transisi Nasional tentunya menilai eksodusnya pasukan loyalis Khadafi ke Niger, merupakan sebuah aksi penyelamatan diri besar-besaran.

Keluarnya pasukan Khadafi ke wilayah Niger ini, diakui oleh Massoudu Hassoumi juru bicara Presiden Niger.

Pasukan Niger juga mengawal mantan Komandan Pasukan Revolusi Libya Mansour Dao ke Ibu Kota Niger Niamey. Dao sendiri dikenal sebagai sepupu dari Khadafi yang termasuk di lingkaran dalam kekuasaan Khadafi.(okezone.com)