Rabu, 14 September 2011

Gol Pato Bukan yang Tercepat

JAKARTA | ACEH MINUTES - Belum satu menit pertandingan berjalan, Alexandre Pato berhasil menjebol gawang Barcelona di Camp Nou. Meski masih dalam hitungan detik, gol 'Si Bebek' bukanlah yang tercepat di Liga Champions.

Camp Nou, Rabu (14/9/2011) dinihari WIB dibuat terhenyak oleh Pato. Laga antara Barcelona dan AC Milan yang digadang-gadang bakal sengit sudah menghasilkan gol saat pertandingan belum genap bergulir satu menit.

Tepatnya di detik ke-24 bola sepakan pato melewati gari gawang Victor Valdes dan membawa Rossoneri unggul 1-0. Sebuah proses gol yang sangat cepat, yang total hanya butuh waktu enam detik.

Pato menerima bola di tengah lapangan di detik ke-18. Dia kemudian membelokkan si kulit bundar dan melakukan sprint yang membelah pertahanan The Catalans. Javier Mascherano dan Sergio Busquets yang berada di dekat Pato tak sanggup menghalang dan mengimbangi laju lari sang striker.

Dengan waktu singkat pesepakbola 22 tahun itu sudah berhadap-hadapan dengan Valdes. Dan sontekan mendatar mantan pemain Internacional itu membawa Milan unggul tepat di detik 24.

Meski hanya berjarak 24 detik dari kick-off, itu bukan gol tercepat yang tercatat dalam sejarah Liga Champions. Rekor tersebut hingga kini masih menjadi milik striker asal Belanda, Roy Makaay.

Berdasarkan statistik resmi dari UEFA, Makaay mencetak gol hanya 10,12 detik setelah kick-off. Gol super cepat tersebut dibuat Makaay ke gawang Real Madrid pada 7 Maret 2007, ketika itu dia masih berseragam Bayern Munich.

Catatan gol tercepat lainnya adalah milik Paolo Maldini. Mantan bek Milan itu melakukannya ke gawang Liverpool di detik ke-53 pada final musim 2004/2005. Gol Maldini tersebut hingga kini masih tercatat sebagai gol tercepat di laga final.(detik.com)