Rabu, 14 September 2011

Gayus Tertipu Rp 4 M, Keterlibatan Petugas Rutan Cipinang Diselidiki

JAKARTA | ACEH MINUTES - Gayus Tambunan, terpidana kasus mafia Pajak tertipu kasus penggandaan uang Rp 4 miliar. Dia ditipu salah satu rekannya di sel Muntoha. Namun pihak Kanwil Kumham DKI Jakarta juga melakukan penyelidikan atas dugaan keterlibatan petugas Rutan

"Kita mintai dulu keterangan pelaku. Nanti dari keterangannya apakah ada indikasi pertanggungjawaban petugas Rutan kita lihat dari pendalaman," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham Jakarta, Bambang Krisbanu, kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (14/9).

Peristiwa penipuan dengan modus pelipatgandaan uang senilai Rp 4 miliar itu, kata Bambang, terjadi sekitar 3 bulan lalu saat Rutan dipimpin Eddy Kurniadi yang sekarang menjabat Kepala Lapas Narkotika Cipinang. Gayus memegang uang dalam bentuk dolar Singapura.

"Karena uang yang dijanjikan tidak juga berlipatganda, Gayus melaporkan kepada pemimpin Rutan yang sekarang," ujar Bambang.

Sebelumnya diberitakan, narapidana kasus korupsi Gayus Halomoan Tambunan tertipu 'dukun' pelipatganda duit bernama Muntoha. Sang 'dukun" sendiri tak lain adalah narapidana kasus penipuan dengan modus yang sama.

Status muntoha sendiri saat ini adalah narapidana banding pidana. Dia sekarang menempati Lapas Cipinang sejak Jumat lalu, setelah sebelumnya menghuni Rutan Cipinang.(detik.com)