Selasa, 06 September 2011

Pertamina jamin BBM aman di Singkil

MEDAN | ACEH MINUTES - Pertamina menjamin ketersediaan bahan bakar minyak di Singkil, Subulussalam, Aceh dan termasuk Dairi, Sumatera Utara, pascagempa berkekuatan 6,7 skala Richter (SR) yang melanda Singkil Baru, Selasa pukul 00.55 WIB.

"Stok BBM (bahan bakar minyak) di Singkil dan Dairi masih cukup aman sehingga bisa memenuhi kebutuhan meski nantinya terjadi peningkatan permintaan pascagempa di Singkil itu," kata Assistant Customer Relation PT.Pertamina Fuel Retail Region I, Sonny Mirath, sore ini.

Di Singkil ada tiga unit stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan lima unit SPBU di Dairi dan semuanya masih tetap beroperasi normal. "Pertamina menjamin stok cukup aman di kawasan itu dan siap memasok tambahan segera kalau diperlukan pascagempa di Singkil Baru,Aceh yang dirasakan di beberapa daerah Sumut juga," katanya.

Keamanan stok makin diyakini karena tim pemantau BBM yang dibentuk manajemen juga masih bekerja hingga H+10 Idul Fitri. "Semakin aman karena sebelumnya Minggu 4 September, Pertamina mengalokasikan BBM lebih banyak lagi ke kawasan Dairi dan termasuk Kabupaten Karo Sumut untuk menghindari kekurangan bahan bakar di kawasan itu pada arus balik Idul Fitri," katanya.

Tiga unit mobil tangki berisi BBM solar dan premium sudah dialokasikan ke sejumlah SPBU wilayah Karo dan Dairi yang menjadi salah satu jalan lintas arus mudik dan balik Idul Fitri di Sumut.

BBM sebanyak tiga tangki itu untuk mengisi sejumlah SPBU di Berastagi, Kabanjahe Kabupaten Karo dan Sidikalang, Dairi. Guna menghindari kemacatan lalu lintas yang bisa menghambat jalan mobil tangki pembawa BBM yang berdampak pada terhambatnya alokasi ke SPBU, kata dia, Pertamina meminta pengawalan dari pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan Sumut.

Dia menyebutkan, sejak masa mudik dan termasuk arus balik Idul Fitri, Pertamina sudah mengalokasikan 3.502 kiloliter (kl) BBM untuk melayani 300 SPBU di Sumut.

General Manager Fuel Retail Region I PT.Pertamina, Gandhi Sriwidodo, menjelang Idul Fitri akhir Agustus lalu mengatakan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menambah penyaluran BBM lebih banyak atau naik 15 persen dari hari biasa untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar tersebut di wilayah Sumatera bagian utara pada Idul Fitri tahun ini.

Selain menambah penyaluran hingga 15 persen, Pertamina menyiapkan sembilan kantong SPBU di beberapa lokasi lintas Sumatera yang bisa mengatasi kesulitan mendapatkan BBM bagi warga yang mudik serta menyiapkan 94 SPBU yang buka 24 jam. Pertamina juga berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk menjaga keamanan di SPBU.(waspadaonline)