Selasa, 06 September 2011

Akibat Petasan, Indonesia Terancam Sanksi FIFA

ACEH MINUTES - Banyaknya petasan dan juga kembang api yang dinyalakan oleh suporter Indonesia di pertandingan leg kedua Pra Piala Dunia 2014 menghadapi Turkemnistan, membuat Panpel Bidang Keamanan PPD dihantui sanksi oleh FIFA.

Di pertandingan yang dimenangkan oleh Indonesia tersebut memang banyak sekali bunyi petasan yang terdengar, selain itu beberapa tribun juga terlihat memerah setelah suporter timnas menyalakan flare.

"Kami agak khawatir bakal mendapat sanksi dari FIFA, sebab ledakan petasan dan kembang api terus-terusan terjadi sepanjang pertandingan," ujar Panpel Bidang Keamanan, Nugroho Setiawan.

"Hal ini karena tingkatannya telah mencapai medium risk, atau dengan kata lain bisa membahayakan orang lain," tambah Nugroho.

Bila hukuman atau sanksi dijatuhkan oleh FIFA, kemungkinan Indonesia akan mendapatkan sanksi berupa denda uang.

Mengenai tindakan anarkis yang kemungkinan terjadi seusai pertandingan, Nugroho memastikan hal tersebut tidak terjadi, karena sejauh ini tak ada pengaduan mengenai hal tersebut.

"Sejauh ini keamanan cukup stabil dan aman, belum ada laporan tindak perusakan atau anarkis yang dilakukan penonton," tandas Nugroho. (antara)