Sabtu, 17 September 2011

Kalah 0-1 dari Myanmar, Indonesia Gagal

BANDA ACEH | ACEH MINUTES - Misi Indonesia untuk menembus semifinal Piala AFF U-19 terhenti sudah. Adalah kekalahan 0-1 dari sang tuan rumah Myanmar di partai penentuan Grup B mengakibatkan Timnas U-19 harus 'angkat koper' lebih cepat.

Pada laga terakhir Grup B yang dilangsungkan di Youth Training Centre, Yangoon, Jumat (16/9) malam WIB, Indonesia dipaksa keluar lapangan sebagai pecundang lewat gol tunggal Yan Naing Htwe pada menit 87. Kekalahan tersebut mengakibatkan tim asuhan Zulkifli Alfat ini cuma menduduki peringkat ketiga Grup B dengan poin 4, hasil sekali menang, sekali imbang, dan dua kali kalah. 

Sedangkan, Myanmar dipastikan melaju ke semifinal mendampingi Vietnam dengan status runnner-up. Meski sama-sama mencatatkan poin 10, Vietnam berhak sebagai juara grup karena unggul agregat gol. Negeri komunis itu sendiri pada laga bersamaan di Aung San Stadium, berpesta gol dengan marka 4-0 ke gawang Laos. 

Di babak perempat final, Myanmar akang menghadapi Thailand yang merupakan juara Grup A. Sementara Vietnam akan menghadapi runner-up Grup A yang hingga kini masih diperebutkan oleh Malaysia dan Kamboja.

Pertandingan Indonesia versus Myanmar yang dipimpin wasit Jovanie Villagracia asal Filipina tersebut sempat tertunda sekitar satu jam karena lapangan tergenang akibat diguyur hujan lebat. Begitu tarung berlabel 'hidup mati' itu dimulai, Timnas U-19 langsung mencoba tampil agresif untuk memburu kemenangan. Syarat wajib menang telak untuk membuka jalan ke semifinal memaksa Syahru Ramadhan dkk bermain ofensif. Sebaliknya, Myanmar yang cuma butuh hasil imbang juga tampil menggigit. Praktis, situasi ini membuat permainan berjalan menarik.

Bermain menekan sejak menit pertama, Indonesia mengurung pertahanan Myanmar untuk mencetak angka. Tapi, ketatnya pertahanan anak asuh Gerd Horst menggagalkan ambisi pasukan Kennedy.

Usai menutup babak pertama tanpa gol, 'Garuda Muda' kembali menggebrak di babak kedua. Tapi, lagi-lagi tangguhnya lini bawah Myanmar menjadi penghalang misi gol Zoel Fadli cs. Kegagalan ini menimbulkan rasa frustrasi di kalangan skuad 'Merah Putih'.

Momentum tersebut rupanya dioptimalkan sang tuan rumah. Tepat laga memasuki menit ke- 87, tendangan keras Yan Naing Htwe mendarat telak di gawang Indonesia. Buyarlah mimpi Timnas U-19 untuk melaju ke semifinal.

Vietnam berpesta
Pada pertandingan Grup B lainnya di Aung San Stadium, Vietnam menasbihkan diri sebagai pemuncak grup usai membantai Laos 4-0. Empat gol negeri komunis itu dicetak Ngo Van Tung menit ke-13, Nguyen Xuan Nam menit 37 dan 47, serta gol pamungkas Nguyen Viet Phong di menit ke-48.(serambinews.com)