Selasa, 09 Agustus 2011

Studi: Browser Tercepat adalah Chrome

Data statistik keluaran Gomez
MICHIGAN - Sebuah studi terbaru mengenai browser internet, menemukan bahwa browser tercepat untuk pengguna PC dekstop adalah Chrome.
Seperti yang dikutip dari TechCrunch
, Selasa (9/8/2011), Gomez, divisi perbandingan/pengukuran dari Compuware, baru saja merilis data baru dari proyek pengukuran/pembandingan website, yang bertujuan untuk menjelaskan apa browser tercepat bagi pengguna dekstop. Proyek tersebut hanya mengukur waktu loading pengguna pada koneksi jaringan broadband.

Data yang dikumpulkan dalam kurun waktu satu bulan tersebut, berhasil mendapatkan hasil dari 1,86 miliar pengukuran pada lebih dari 200 situs. Hasilnya? Google Chrome.

Di data statistik yang dikeluarkan oleh Gomez, terlihat bahwa waktu loading yang terendah (3,433 detik) dipegang oleh Chrome 12. Sementara waktu loading terlama dipegang oleh Safari 4 keluaran Apple yakni (6,149 detik) dan IE 7 (6,0006 detik).

Selain itu, data statistik Gomez juga menunjukkan perbandingan waktu render (waktu yang dibutuhkan sebuah halaman agar bisa tampil di browser) di antara browser. Pencapaian Chrome cukup baik, yakni dengan (2,374 detik), namun masih kalah dengan Firefox 5 (2,18 detik).

Patut dicatat bahwa Gomez tidak melakukan tes kecepatan browser di lab, melainkan di dunia nyata. Pengukuran itu pula yang menjelaskan bagaimana pengalaman sebenarnya masyarakat dalam menggunakan browser internet.

Data ini pula juga digunakan oleh kalangan bisnis yang ingin menguji coba aplikasi web perusahaan mereka melalui browser.

Pihak Compuware sendiri mengatakan bahwa bakal lebih banyak lagi data statistik hasil studi mereka yang akan diumumkan.
(ATA)

Sumber Okezone.com