Kamis, 11 Agustus 2011

Forkab: Kodim Punya Itikad Baik

Sabang | Forum Komunikasi� Anak Bangsa (Forkab) Kota Sabang menilai Kodim 0112/Sabang mempunyai itikad baik dan berupaya untuk melestarikan aset sejarah yang saat ini terkesan tidak terpelihara.

Hal tersebut disampaikan Ketua Forkab Sabang Ismed Ibrahim, Rabu (10/8) menanggapi pemindahan meriam peninggalan Jepang di beberapa lokasi Wisata Kota Sabang yang dilakukan Kodim 0112/Sabang beberapa waktu lalu.

Menurutnya, tindakan Kodim 0112/Sabang merupakan tindakan positif yang patut diambil contoh, karena Kodim juga merupakan unsur pemerintah yang mempunyai hak yang sama untuk melindungi aset-aset sejarah di Sabang.

Hanya saja kurang koordinasi, tapi apa yang sudah dilakukan sudah benar. Dengan demikian aset tersebut dapat terus terjaga dengan baik dan dapat dinikmati oleh generasi penerus,” tandas Ismet.

Sebagai putra kelahiran Sabang, Ismed sangat paham, karakter masyarakat Sabang dan pemerintah tidak banyak berbuat untuk melindungi aset bersejarah tersebut. Bahkan, kata dia, dari jumlah ratusan sekarang hanya tinggal puluhan meriam yang diketahui keberadaannya.

TNI ini unsur pemerintah dan pelaku sejarah itu sendiri, jadi sudah sepatutnya mereka mempunyai kewajiban untuk melakukan penanganan, pemeliharaan, pelestarian bahkan pemugaran. Hal itu juga diatur serta dibenarkan oleh undang-undang, tambahnya.

Lebih jauh, Ismed mengajak seluruh unsur masyarakat Sabang sama-sama mendukung program pelestarian yang dilakukan dan diplopori oleh Kodim 0112/Sabang yang telah bersedia meluangkan waktu tenaga dan pikiran untuk melakukan pemugaran aset bersejarah tersebut.

Diberitakan sebelumnya, pihak Kodim 0112/Sabang memindahkan meriam peninggalan Jepang di Anoi Itam, Cot Labu dan Ie Meule Kota Sabang. Meski berdalih untuk menyelamatkan aset sejarah, sikap anggota TNI itu menuai kecaman dari sejumlah kalangan masyarakat Sabang.(crz)

Sumber Harian Aceh.com