Jumat, 16 September 2011

Hadiah Iran untuk Delegasi Sidang PBB

TEHERAN | ACEH MINUTES - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad akan membawa hadiah saat dirinya menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berupa buku tentang penjajahan sekutu terhadap Iran saat Perang Dunia II.

Seorang penerbit dari Book House, Ali Shojaee mengatakan, Ahmadinejad akan membawa 1.000 kopi buku yang berjudul "Documents of Iran's Occupation by the Allies during WWII," yang artinya, "Dokumen Penjajahan Iran oleh Sekutu saat Perang Dunia II." Buku ini akan diberikan kepada seluruh delegasi sebagai hadiah.

Shojaee menambahkan, buku ini berisikan dokumen-dokumen ketidakadilan yang dilakukan oleh sekutu pada masyarakat Iran selama penjajahan. Demikian seperti diberitakan AFP, Jumat (16/9/2011).

Pada Januari 2010, Ahmadinejad mengatakan, dirinya akan membentuk tim yang akan meneliti kerusakan-kerusakan yang ada di Iran akibat serangan yang dilakukan oleh sekutu di era Perang Dunia II. Setelah penelitian digelar, Iran akan menuntut kompensasi terhadap Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang pernah masuk ke negaranya.

Pada 1941 silam, Inggris dan Uni Soviet menyerang Iran untuk menyelamatkan kilang minyak dan menggunakan rel kereta api di Iran untuk bertempur melawan pasukan Jerman. 
Warga Iran juga menderita kelaparan, dan kekurangan bahan bakar akibat penjajahan.

Setelah Perang Dunia II usai, Uni Soviet, AS dan juga Inggris memberikan kompensasi berupa bantuan finansial dan emas ke Iran. Namun tampaknya kompensasi tersebut masih kurang bagi Iran, karena belum bisa membayar penderitaan masyarakat sipil.

Semenjak Ahmadinejad naik ke kursi Presiden Iran pada 2005 lalu, Iran selalu menunjukkan sikap konfrontatifnya di PBB. Pada 2010 lalu, Ahmadinejad sempat memicu kemarahan AS dan negara lainnya di PBB lewat topik 9/11.

Pada 2009 lalu, delegasi dari AS dan Prancis juga melakukan walkout sebagai bentuk protes terhadap perkataan Iran yang diduga mengandung unsur SARA.(okezone.com)