Selasa, 30 Agustus 2011

Israel Tak Akan Mampu Hentikan Nuklir Iran

YERUSALEM | ACEH MINUTES - Israel dimata Iran tidak akan pernah mampu menghentikan program nuklir dalam satu serangan. Selama ini Israel dan negara Barat meyakini bahwa Iran menggunakan kemampuan nuklir mereka untuk membuat senjata.

Israel bersama dengan Amerika Serikat (AS) menunjukan sikap bahwa keduanya mempertimbangkan untuk mengambil tindakan militer terhadap Iran. Langkah itu dimaksudkan untuk mencegah Iran membuat bom nuklir."Kami bukan Irak atau Suriah, dimana satu serangan dapat merubah program yang ada. Iran lain. Tidak dapat menghentikan negara ini dengan hanya satu serangan," ucap seorang pejabat Iran yang tidak disebutkan namanya seperti dikutip Reuters, Senin (29/8/2011).

Israel memang mendesak agar AS dan negara-negara barat lainnya melakukan serangan terhadap Iran. Aksi militer ini juga melengkapi sanksi ekonomi yang sudah diberlakukan sebelumnya.Pejabat Iran justru menilai AS sebagai ancaman utama Iran, bukanlah Israel yang selama ini diutarakan Negara Yahudi tersebut."Dengan segala hormat kepada Israel. Kami mungkin berubah pikiran bila AS mengancam kami," lanjutnya.

Meski Israel mengatakan akan melakukan perang dengan Iran, tetapi ancaman ini sepertinya sudah menyusut. Menurunya ancaman ini tidak lepas dari tekanan politik dari Iran.Israel sendiri dianggap bersikap mengenai teknologi senjata nuklir. Selama ini Israel diyakini juga memiliki senjata nuklir di wilayah Timur Tengah. (okezone.com)