Rabu, 07 September 2011

PM Turki: Israel Anak Manja

ISLAMABAD | ACEH MINUTES - Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan tetap tidak mau mengalah dalam pertengkarannya dengan Israel. Dirinya bahkan menyebut Israel seperti anak manja.

"Israel selalu tampak seperti anak manja," ujar PM Turki Reccep Tayyip Erdogan sambil menggambarkan perilaku Israel terhadap warga Palestina, seperti dikutip AAP, Rabu (7/9/2011).

Israel sebelumnya menyatakan, mereka akan menghindari segala macam tindakan yang memperburuk hubungannya dengan Turki, namun PM Turki menegaskan kerja sama militer Turki dan Israel dihentikan dan Turki akan menambah patroli lautnya di perairan Mediterania Timur.

Selain mulai merangkul Mesir yang sempat berseteru dengan Israel, Turki juga tidak mengikuti negara-negara Eropa lainnya yang menganggap Hamas sebagai kelompok Teroris. Turki, bahkan akan mengunjungi Gaza setelah dirinya berkunjung ke Mesir pada pekan depan.

PM Erdogan pun menyebutkan rencana Kunjungan ke Gaza. Kunjungan itu tentunya ditujukan untuk menyerang Israel dan memperpanas hubungan Israel dan Turki. PM Erdogan juga tampak tidak berniat untuk memperbaiki hubungannya dengan Israel.

Turki merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam pertama yang mengakui berdirinya negara Israel pada 1949 lalu, dan Turki juga sering melakukan latihan militer gabungan dengan Israel secara rutin.

Turki juga menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh warga Israel, namun saat ini Israel sudah memberlakukan travel warning ke Turki seiring dengan makin menegangnya hubungan kedua negara tersebut.

Lewat dari insiden penyerangan kapal Mavi Marmara pada 2010 lalu, hubungan Turki dan Israel menegang dan tampak tidak dapat dipulihkan. Israel pun menolak untuk meminta maaf atas perlakuannya yang menyerang kapal bantuan tersebut dan menewaskan sembilan warga Turki.

Meski banyak pihak di dunia ini, termasuk di antaranya Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menginginkan agar hubungan Turki dan Israel memulih, namun Turki tampak tidak menginginkan hubungannya kembali normal dengan Israel. (okezone.com)